Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil survei terkini dimana Badan Intelijen Negara (BIN) dinilai memberikan kontribusi untuk generasi muda lewat olahraga.

"Kami menilai, ini bukan hanya soal olahraga, tapi bagaimana BIN ikut serta dalam memberikan kontribusi sosial, dalam membangun solidaritas kebangsaan melalui olahraga," kata Direktur Riset LPI Ali Ramadhan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan temuan survei LPI, terdapat 77,7 persen publik yang mengapresiasi kehadiran tim voli BIN dan STIN BIN di kancah olahraga nasional. Rinciannya, 42,2 persen responden mengapresiasi, 14,4 persen responden cukup mengapresiasi, dan 21,1 persen sangat mengapresiasi.

Tim olahraga bola voli baik putra maupun putri BIN dan STIN BIN tengah berjuang untuk menempati ranking pertama dalam klasemen Pro Liga 2024. Sebelumnya, Tim Voli Jakarta BIN sempat menjuarai PLN Mobile Proliga 2023.

Baca juga: LPI rilis hasil survei capres-cawapres peduli isu ketenagakerjaan

Baca juga: Survei LPI: Gen Z dan milenial ingin PDIP jadi oposisi 


LPI menggelar survei nasional pada 24-29 April 2024, untuk memotret persepsi publik terhadap kehadiran Tim Bola Voli BIN dan STIN BIN hasil binaan Kepala BIN Budi Gunawan. Sebanyak 1.200 sampel untuk populasi dari semua generasi yakni Baby boomers, X, Y, Milenial, dan Z di Indonesia.

Teknik sampling yang digunakan pada riset itu yakni stratified random sampling, dimana sampel yang diambil dibagi menjadi beberapa sub kelompok, atau strata, berdasarkan karakteristik yang sama.

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 1.200 responden dengan margin of error dari ukuran sampel sebesar ±2.88 pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024