Jakarta (ANTARA News) - Kendati menempati urutan kedua klasemen akhir grup kualifikasi di bawah Spanyol, Prancis tampakknya menjadi favorit terkuat menjuarai Grup E mengingat menghadapi lawan-lawan yang lebih mudah.

Meski ada Swiss yang sempat menumbangkan Spanyol pada fase grup Piala Dunia empat tahun sebelumnya, di samping Honduras dan Ekuador, Prancis bisa menjadi tim yang terbaik di grup ini walau perjalanannya tidak mulus.

SWISS
Pelatih: Ottmar Hitzfeld
Swiss lolos ke putaran final grup Eropa paling lemah dengan finish di puncak kendati seri melawan Siprus dan Islandia.
Ini akan menjadi putaran final Piala Dunia kedua di bawah kepelatihan Hitzfeld -selain Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan-- mereka sempat mengalahkan Spanyol pada laga pembuka namun gagal lolos dari fase grup. 
Swiss akan berharap maju kali ini. Hitzfeld memanggil pemain Napoli Gokhan Inler dan Xherdan Shaqiri dari Bayern Munchen.

EKUADOR
Pelatih: Reinaldo Rueda
Ekuador lolos ketiga kalinya ke putaran final Piala Dunia setelah finish di atas Uruguay dengan selisih gol demi tempat otomatis lainnya dari zona Amerika Selatan ke Brazil.
Kendati tim asuhan Reinaldo Rueda ini tampil mengesankan di kandang, Ekuador gagal menang pada setiap laga tandang di luar Quito di mana ketinggian tempat menjadi keuntungan besar bagi Ekuador.
Ekuador lolos berkat satu gol "sudden death" dari striker Chucho Benitez pada Juli lalu, namun tim akan ke Brazil dengan skuad yang dikapteni gelandang Manchester United Antonio Valencia dan diperkuat penyerang bertenaga Felipe Caicedo.
Rueda adalah orang Kolombia yang memimpin Honduras pada putaran final Piala Dunia 2010.

HONDURAS
Pelatih: Luis Fernando Suarez
Honduras finish empat poin di atas Meksiko untuk meraih tempat otomatis dari zona CONCACAF setelah menang tandang di Meksiko di Stadion Azteca. 
Negara Amerika Tengah yang hanya berpenduduk delapan juta orang ini lolos ke putaran final Piala Dunia ketiga kalinya, dan kedua berturut-turut, di mana Suarez mengikuti langkah pendahulunya yang asal Kolombia Reinaldo Rueda yang sukses mengantarkan 'Los Catrachos' ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.
Skuadnya diperkuat sejumlah pemain yang berlaga di Eropa seperti bek kiri Celtic Emilio Izaguirre dan Wilson Palacios yang memperkuat Stoke City.

PRANCIS
Pelatih: Didier Deschamps
Setelah menempati posisi kedua di bawah juara dunia sekaligus juara Eropa, Spanyol pada grup kualifikasi, Prancis sepertinya akan tersingkir dari sebuah turnamen besar untuk pertama kalinya dalam dua dekade terakhir ketika kalah 0-2 dari Ukraina pada leg pertama play-off kedua timnas.
Kegagalan akan menjadi babak terbaru dari sejarah kelam Les Bleus belakangan ini, namun kemenangan meyakinkan 3-0 pada leg kedua telah memastikan tempat mereka di Brazil.
Deschamps, yang mengkapteni Prancis menuju kejayaan Piala Dunia 1998 danEuro 2000, harus berusaha mengembangkan para bakat muda seperti Raphael Varane dan Paul Pogba serta mengeluarkan kemampuan terbaik Franck Ribery dan Karim Benzema.
Kendati begitu, Prancis akan berusaha tampil terhormat demi menghadapi Euro 2016 yang akan dituanrumahinya.

sumber: AFP

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013