Jakarta (ANTARA News) - Grup ini juga tergolong grup neraka, namun Jerman sebagaimana biasa menjadi favorit kuat juara grup, apalagi memiliki rekor mengesankan selama babak kualifikasi.

Portugal dan Amerika Serikat akan menjadi penantang serius bagi laju Jerman, sementara pelatih timnas AS Jurgen Klinsmann harus bersiap tampil lebih cepat menghadapi negaranya, Jerman, yang pernah dibelanya baik ketika sebagai pemain maupun pelatih.

JERMAN
Pelatih: Joachim Loew
Sejak menempati peringkat ketiga Piala Dunia 2006 di kandangnya, Jerman terus terpuruk pada turnamen besar di bawah asuhan Loew. 
Runner-up Euro 2008 yang dikalahkan pada semifinal Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 itu diperkirakan tampil hebat kembali di Brazil.
Jerman melaju dari kualifikasi dengan hanya kehilangan dua poin dan mencetak 36 gol dari 10 pertandingan.
Juara dunia tiga kali ini kaya dengan opsi menyerang, berkat adanya Mario Goetze, Marco Reus, Thomas Mueller dan Julian Draxler. 
Namun pertahanannya merisaukan kendati memiliki Manuel Neuer yang adalah salah satu kiper terbaik di dunia.

GHANA
Pelatih: Kwesi Appiah
Ghana lolos untuk ketiga kali berturut-turut ke putaran final Piala Dunia dengan mengalahkan Mesir dalam agregat 7-3 pada play-off Afrika.
The Black Stars mencapai perempatfinal Piala Dunia Afrika Selatan lalu sebelum kalah adu penalti dari Uruguay dan Appiah akan menghadapi lawan-lawan yang sudah dikenalnya dengan baik pada putaran final di Brazil.
Asamoah Gyan dan Michael Essien masih memperkuat Ghana, sedangkan Andre dan Jordan Ayew bersaudara kembali setelah absen dari timnas, sedangkan pemain kelahiran Jerman Kevin-Prince Boateng pensiun dari penampilan internasionalnya.
Keraguan menyelimuti tim yang kalah pada semifinal Piala Afrika 2013 ini , tapi mereka akan berusaha keras mencapai babak knockout.

AMERIKA SERIKAT
Pelatih: Jurgen Klinsmann
AS beralih ke Klinsmann yang mengantarkan Jerman Barat menjuarai Piala Dunia 1990 sewaktu masih menjadi pemain dan lalu membawa Jerman bersatu ke semifinal Piala Dunia 2006 di Jerman, untuk membawa AS ke putaran final yang ketujuhnya.
AS memuncaki grup CONCACAF untuk lolos dan juga memenangi Piala Emas tahun ini namun mereka harus berjuang keras jika ingin menyamai prestasi terbaik mereka sebelumnya mencapai perempatan final Piala Dunia 2002.
Tim besutan Klinsmann ini dihuni oleh para pemain yang bermain di Eropa seperti Tim Howard, Michael Bradley dan Jermaine Jones.

PORTUGAL
Pelatih: Paulo Bento
Dalam tiga turnamen besar berturut-turut Portugal harus melewati dahulu play-off untuk lolos ke Piala Dunia.
Timnas asuhan Paulo Bento yang diinspirasi Cristiano Ronaldo ini mengalahkan Swedia dalam dua leg playoff bulan lalu untuk merebut tempatnya di Brazil.
Dengan Ronaldo, mereka tak terbantahkan lagi memiliki pemain terbaik dunia saat ini, namun tim besutan Bento tersebut kekurangan kekuatan. 
Akankah tim ini mencapai semifinal seperti Piala Dunia 2006 dan Euro 2012, atau akankah mereka tampil seperti tim yang tampil mengecewakan di Afrika Selatan pada  2010? 
Portugal nyaris menyamai pencapaian tetangganya Spanyol sebelum akhirnya kalah pada penampilan-penampilannya dalam dua turnamen terakhir.

sumber: AFP

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013