Chengdu, China (ANTARA) - Tunggal putra Jonatan Christie menggandakan keunggulan Indonesia 2-1 atas India pada pertandingan fase grup terakhir Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Rabu.

Jonatan menang atas tunggal putra kedua India Lakshya Sen melalui rubber game dengan skor 21-18, 16-21, 21-17, dalam tempo 75 menit.

“Pastinya tidak gampang melawan Lakshya Sen karena dari empat pertemuan terakhir walaupun saya menang, menangnya melalui rubber terus. Dan itu tidak mudah, apalagi tadi sempat tegang juga saat menonton Bagas/Fikri. Karena kalau mereka kalah, itu pasti akan memengaruhi pertandingan selanjutnya,” ungkap Jonatan saat ditemui usai pertandingan.

Baca juga: Juarai All England dan Kejuaraan Asia bawa Jonatan ke tiga besar dunia

“Tapi, Puji Tuhan akhirnya bisa bermain dengan baik, seperti 0-0 lagi,” ujarnya menambahkan.

Gim pertama berlangsung ketat bagi kedua pemain, tetapi Jonatan memiliki kontrol dan ketenangan yang lebih baik. Meskipun sama-sama berada di bawah tekanan karena memikul tanggung jawab sebagai penentu keunggulan sementara, Jonatan akhirnya merebut gim pertamadengan skor 21-18.

Beralih ke gim kedua, kedudukan malah berbalik untuk Sen yang dengan mudah mengumpulkan angka demi angka. Sang juara All England Open 2024 terlihat cukup kesulitan untuk menemukan ritme permainan dan bola-bola yang ia lancarkan malah tidak menguntungkan bagi dirinya sendiri.

Sen pun kemudian memaksakan adanya rubber game setelah membungkus kemenangan 21-16 atas Jonatan.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berusaha mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putra Thailand Saran Jamsri dalam babak kualifikasi grup Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Senin (29/4/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Baca juga: Jonatan lewati rubber game demi sumbang poin kedua Indonesia

Gim penentu kembali berlangsung sengit, akan tetapi Jonatan berusaha untuk mengumpulkan ketenangan dan bermain dengan lebih sabar. Taktik itu pun berbuah manis dan Jonatan membawa Indonesia unggul 2-1 atas India.

“Saat itu saya hanya ingin meningkatkan fighting spirit saja, ingin membawa Indonesia juara grup, atau at least memberikan poin buat Indonesia, karena itu sangat berpengaruh ke pertandingan berikutnya. Jadi itu sangat penting,” ujar Jonatan.

Sementara itu, masih ada dua wakil lainnya yang bertanding hari ini pada babak kualifikasi Grup C.

Selain Jonatan, Tim Indonesia hari ini diperkuat oleh Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo di sektor tunggal. Sementara, sektor ganda diisi oleh Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca juga: Ginting tak mampu atasi tekanan pada fase grup terakhir
Baca juga: Bagas/Fikri samakan kedudukan Indonesia atas India di fase grup


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024