Per 30 April 2024 terpantau tiga  titik panas di Sumatera Utara. Ketiga titik terpantau di Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi tiga titik panas di Sumatra Utara berdasarkan pantauan sensor modis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.

" Per 30 April 2024 terpantau tiga  titik panas di Sumatera Utara. Ketiga titik terpantau di Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo,

Baca juga: BMKG imbau warga Sulteng gunakan masker hindari dampak abu vulkanik Rabu.

Kepada masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan mengingat bahaya yang dapat diakibatkan oleh pembakaran lahan tersebut.

Sementara terkait cuaca pada Kamis (2/5), Budi Prasetyo menyebutkan diprakirakan pada pagi hari rata-rata cerah berawan.

Sementara pada siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: BMKG: Getaran gempa di Bandung timbul akibat aktivitas sesar Garut

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Medan, Deli Serdang, Asahan, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Dairi, Pakpak Bharat, Karo, Simalungun, dan sekitarnya.

Serta pada malam hari juga berpotensi hujan ringan di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, dan pegunungan Sumatera Utara.

Suhu udara rata-rata  17-34,0 derajat celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari barat laut - timur laut, 10 – 30 km/jam.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," katanya.

Baca juga: BMKG: Potensi hujan mulai berkurang di NTB pada 1-10 Mei

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024