Paris (ANTARA News) - Semua media massa Prancis sepakat 'Les Bleus' sebagai tim yang paling diuntungkan oleh undian grup putaran final Piala Dunia 2014.

Bahkan pelatih Prancis Didier Deschamps tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah menyaksikan timnya satu grup dengan Swiss, Ekuador, dan Honduras lewat pengundian grup Jumat waktu Brazil lalu di Costa do Sauipe.

"Les Bleus, juara dunia pengundian grup," tulis Le Parisien yang menurunkan tiga halaman penuh mengenai hasil undian Piala Dunia 2014.

"Prancis kini punya hak untuk bermimpi," sambung harian itu yang menyebut tim asuhan Deschamps yang lolos ke putaran final melalui playoff melawan Ukraina, "telah dilayani bagai raja".

Prancis membalikkan defisit dua gol pada leg pertama playoff melawan Ukraina dan lolos ke Brazil bulan lalu setelah menang 3-0 dari Ukraina di Paris pada leg kedua.

Tapi koran itu memperingatkan, "satu tim yang hanya menang satu kali dalam tiga putaran final terakhir (Euro 2008 dan 2012, Piala Dunia 2010) tak bisa menjadi favorit untuk apa pun."

"Les Bleus dimanjakan oleh hasil undian...yang tak diragukan lagi adalah grup terlemah pada Piala Dunia 2014," tulis Le Figaro, sedangkan harian Dauphiné Libéré merayakan keberuntungan Prancis itu.

Harian olahraga L'Equipe memenuhi halaman depannya dengan headline "Sebuah hadiah untuk membuka".

Harian ini meminta timnas Prancis memanfaatkan betul kesempatan ini, selain juga mengenangkan kembali keburuntungan yang menyertai Deschamps, kapten Les Bleus yang menjadi juara dunia 1998 dan juara Eropa 2000.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013