Tokyo (ANTARA News) - Australia terpental ke grup neraka Piala Dunia 2014, sementara tiga wakil Asia --Jepang, Korea Selatan dan Iran-- berada di grup lebih ringan.

Jepang satu grup bersama Kolombia, Pantai Gading dan Yunani di Grup C, sedangkan Korea Selatan menghadapi Rusia, Belgia dan Aljazair di Grup H.  Iran satu kadang dengan Argentina, Bosnia-Herzegovina dan Nigeria di Grup F.

Pelatih Australia Ange Postecoglou mengakui timnya akan menjadi underdog di Grup B, dan berharap timnya berkesempatan menciptakan hal-hal positif tahun depan.

"Semua orang akan menghapus kami di grup ini yang saya kira masuk akal," kata Postecoglou kepada stasiun SBS.  "Namun dari perspektif kami kami punya sejumlah peluang besar untuk menunjukkan pada dunia bahwa kami bisa memainkan sepakbola yang baik melawan negara-negara terbaik di dunia.

"Grup kami kelihatannya grup yang sangat sulit namun saya berharap ini adalah grup yang memainkan sepakbola terbaik dan kami akan memainkan bagian kami di situ. Kami punya kesempatan untuk menciptakan beberapa headline ketika Piala Dunia bergulir."

Bos timnas Jepang Alberto Zaccheroni mengakui senang terhindari dari negara-negara kelas berat Eropa di Grup C. Dua tim teratas grup akan lolos ke babak knock-out.

"Kami bisa saja menghadapi undian yang sulit, dan kami juga bisa saja memilki undian lebih mudah," kata Zaccheroni seperti dikutip kantor berita Kyodo.

"Kami menghadapi salah satu tim terkuat di Amerika Selatan (Kolombia) yang juga menjadi salah satu favorit untuk turnamen itu, dan kemungkinan besar tim terbaik Afrika di lapangan (Pantai Gading)."

"Di sisi lain, kami tidak menghadapi tim besar Eropa sehingga mungkin ini bagus. Namun kami tidak menganggap sebelah mata Yunani, mereka sungguh telah bermain bagus melawan Rumania belum lama ini."

Pelatih Iran Carlos Queiroz juga senang atas hasil undian yang tak memberatkan Iran. "Bagi kami, babak kualifikasi itu neraka, sehinga berada di grup ini kini adalah seperti di surga," kata mantan asisten pelatih Manchester United ini.

"Bagi para pemain saya, ini mestinya sebuah kehormatan untuk bermain menghadapi lawan-lawan ini dan penting membuat mereka keluar dan menikmati setiap menit dari setiap pertandingan, berhasrat untuk lolos ke babak kedua.

"Menghadapi Argentina di Maracana? Berharaplah kami bisa membuat Argentina sakit kepala."

Sedangkan Hong Myung-Bo mengatakan tak bisa menyebut mudah melawan tim bertalenta tinggi seperti Belgia, dan tim berfisik kuat seperti Rusia dan Aljazair.

"Para pendukung Korea Selatan mungkin tidak terlalu tahu Belgia, tapi saya kira mereka akan menjadi tim yang lebih baik lagi tahun depan," kata pelatih Korsel ini seperti dilaporkan kantor berita Yonhap.

"Rusia adalah tim dengan fisik dan pemain terampil, dan Aljazair juga tim yang kuat.  Tak pernah ada grup yang mudah di Piala Dunia."

Australia mulai bertanding melawan Chile pada 13 Juni, Jepang mengawali laga sehari kemudian melawan Pantai Gading, Iran menghadapi Nigeria pada 16 Juni, sedangkan Korea Selatan memulai pertandingan melawan Rusia 17 Juni, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013