Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) memberikan piagam penghargaan kepada guru dan siswa SMA berprestasi saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di daerah itu.

Penghargaan itu diserahkan oleh Wali Kota Jaktim M Anwar saat upacara Peringatan Hardiknas 2024 di halaman Kantor Wali Kota Jaktim, Kamis.

Anwar mengatakan apresiasi berupa penghargaan ini layak diberikan karena mereka telah menjadi pejuang di bidang pendidikan, olahraga, sains dan lainnya.

Ia berharap hal itu dapat memotivasi para pelajar lain di Jakarta Timur untuk meraih prestasi terbaik.

"Mereka adalah pejuang-pejuang di bidang pendidikan, olahraga, sains dan sebagainya. Kami mengapresiasi, memberikan motivasi dengan memberikan piagam," kata dia.

Baca juga: Pemprov DKI ingatkan pentingnya kebijakan Merdeka Belajar di Jakarta

Anwar menyebutkan, setelah status Jakarta menjadi Kota Global pasca Ibu Kota pindah ke ke IKN, maka perlu dipersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang canggih, baik dan berkualitas.

"Karena itu, perlu untuk terus belajar dan belajar," kata Anwar.

Dia menambahkan, upacara peringatan Hardiknas ini bertujuan mengenang lahirnya pendidikan di Republik Indonesia.

Dengan mengangkat tema, "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar", diharapkan program di bidang pendidikan guna memajukan bangsa Indonesia dengan melahirkan anak-anak bangsa yang berkualitas terus berlanjut.

Sementara itu, salah satu peraih penghargaan, Nadia Salma Zhafira, siswa kelas XI SMAN Unggulan MH Thamrin, mengaku sangat senang dan bangga karena bisa berhasil menjuarai Olimpiade Matematika tingkat internasional.

Baca juga: Pemprov DKI apresiasi pelajar berprestasi dan disabilitas

Nadia sukses meraih Gold Award pada Euler Mathematical Olympiad (EMO) 2024 tingkat internasional dan Science Association of Indonesia (SAID) tingkat nasional pada 2024.

"Saya berharap ke depan dunia pendidikan akan lebih baik lagi dan ilmu yang didapat ini bisa bermanfaat untuk dunia pendidikan di negeri ini," ucapnya.

Ia mengajak pelajar di Indonesia untuk tetap semangat dalam belajar karena menuntut ilmu itu adalah penting bagi generasi muda untuk menggapai cita-citanya.

Selain Nadia, penghargaan juga diberikan kepada Syakira Basalama dari SMAN MH. Thamrin yang mendapat peringkat kedua di ajang Euler Mathematical Olympiad, serta Abdullah Hafiz peraih juara pertama Hongkong International Science Olympiad Internasional.

Kemudian, Aslam Rehan Saptotriono dari SMK Negeri 46 Jakarta (Juara 1 Olimpiade Nasional Sains dan Bahasa, tingkat nasional bidang fisika), Rendi Wicokro dari SMK Negeri 69 Jakarta (Juara 1 Quartal Science Olympiad tingkat nasional).

Baca juga: Heru berharap generasi muda bisa kuliah hingga perguruan tinggi

Di bidang olahraga, penghargaan diberikan kepada Banyu Hisaka Batarasresta dari SDN Rawamangun 12 Pagi yang jadi Juara 1 Bali Taekwondo Internasional Championshihp 2023 dan Febrian Jovas Nararya dari SMPN 109 Jakarta periah Juara 3 Oder Toolve, Kategori Boys U 12 World Youth Cup, Gothia Cup 2023 di Swedia.

Sedangkan guru berprestasi diraih Nur Rahmah Cahyani dari SDN Balimester 1 yang berhasil meraih juara 2 Olimpiade IImu Pengatahuan Alam guru SD tingkat nasional.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024