Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping membalas surat dari para buruh Serbia yang bekerja di Pabrik Baja HBIS Smederevo.

Dalam surat tertanggal Senin (29/4) itu, Xi mendorong mereka untuk memberikan kontribusi baru pada persahabatan China-Serbia.

Xi mengatakan bahwa selama kunjungan kenegaraannya ke Serbia pada 2016, dia bertemu langsung dengan para pekerja di Pabrik Baja Smederevo dan sangat merasakan dukungan mereka terhadap kerja sama yang saling menguntungkan antara China dan Serbia, serta harapan tinggi mereka terhadap masa depan yang cerah untuk pabrik baja tersebut.

Dari surat mereka, Xi mengatakan dirinya mengetahui bahwa dengan upaya bersama dari tim manajemen kedua pihak dan para pekerja itu sendiri, pabrik baja tersebut telah mendapat tampilan baru yang memberikan dukungan kuat bagi pengembangan Kota Smederevo.

"Sangat menyenangkan mengetahui bahwa pabrik baja tersebut telah mengubah kerugian menjadi keuntungan dengan cepat usai mendapatkan investasi dari perusahaan yang didanai China, dengan pekerjaan lebih dari 5.000 karyawan terjamin, dan ribuan keluarga menikmati kehidupan yang damai dan bahagia," kata Xi.

Perkembangan pabrik tersebut, katanya, tidak dapat tercapai tanpa dedikasi dan kerja keras para pekerja yang telah bekerja keras demi pesatnya pertumbuhan pabrik baja itu dan telah mengukir babak baru dalam persahabatan erat antara China dan Serbia.

Saya memberi Anda "acungan jempol," kata Xi.

Perkembangan positif pabrik ini merupakan contoh nyata dari kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi antara China dan Serbia serta paradigma kerja sama yang saling menguntungkan, katanya, seraya menambahkan bahwa para pekerja baja adalah peserta, saksi, kontributor dan penerima manfaat dari kerja sama persahabatan China-Serbia.

"Saya harap Anda akan terus melakukan pekerjaan Anda dengan sepenuh hati dan mengabdikan diri Anda dengan penuh semangat untuk operasional dan pengembangan pabrik tersebut, sehingga dapat memberikan kontribusi baru dan lebih besar terhadap pembangunan sosial-ekonomi Serbia dan konsolidasi persahabatan China-Serbia," kata Xi.

Sebanyak 30 perwakilan pekerja Serbia di Pabrik Baja HBIS Smederevo menulis surat kepada Xi, menjelaskan perkembangan terkini pabrik itu dan kontribusi pentingnya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Mereka juga berterima kasih kepada Xi karena menunjukkan kepedulian dan memfasilitasi proyek tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024