Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono berharap peningkatan infrastruktur digital di Indonesia, agar mampu bersaing dengan negara-negara di Asia-Pasifik.

"Infrastruktur digital di Indonesia, memainkan peran penting dalam membentuk perekonomian dan konektivitas negara," katanya dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan kawasan Asia-Pasifik adalah mesin pertumbuhan penting dunia dalam lanskap digital. Ekspansi dan urbanisasi yang pesat meningkatkan permintaan akan solusi ICT mutakhir dan infrastruktur digital yang kuat.

Lanjut dia, di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Menurut Dave, ketika industri memetakan peta jalan baru dan mempercepatnya, transformasi digital dan cerdas siap mendorong pertumbuhan eksponensial dan memajukan infrastruktur digital.

"Pada Januari 2022, Indonesia memiliki 204,7 juta pengguna Internet yang mengesankan. Basis pengguna dalam jumlah besar inilah yang menjadi fondasinya untuk pertumbuhan digital," katanya menegaskan.

Hal itu disampaikan Dave, saat menghadiri Digital and Intelligent APAC Congress 2024, Bangkok, Thailand, 29-30 April 2024.

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 itu mengatakan dalam kongres itu, keberagaman lanskap digital di kawasan menyoroti perlunya mempertemukan para pemimpin utama dari sektor pemerintah dan perusahaan, serta para mitra. Hal itu dilakukan untuk bertukar wawasan dan praktik terbaik, yang penting untuk mencapai realisasi penuh transformasi digital di semua dimensi.

"Indonesia sangat perlu peningkatan konektivitas yang ada, agar dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan industri digital di seluruh negeri, serta mendorong pembangunan ekonomi khususnya di daerah terpencil," pesannya.

Ia menjelaskan, pada akhir tahun 2019, Indonesia telah menyelesaikan Proyek Palapa Ring Nasional, sebuah proyek infrastruktur digital prioritas yang merupakan inisiatif signifikan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan konektivitas internet di seluruh negeri.

"Tujuannya untuk menyediakan akses layanan internet 4G ke lebih dari 500 kabupaten di seluruh Indonesia," katanya.
Baca juga: Indonesia dan Finlandia bahas kerja sama infrastruktur digital
Baca juga: Anggota DPR dukung kerja sama dengan Kerajaan Pulau Pinang
Baca juga: Anggota DPR ajak masyarakat kedepankan tata krama di media sosial

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024