Jakarta (ANTARA) - WhatsApp menghadirkan fitur baru di Komunitas untuk membantu pengguna merencanakan acara dan memungkinkan mereka menyampaikan balasan terhadap pengumuman yang disampaikan oleh admin.

"Untuk membantu mendekatkan komunitas, kami memperkenalkan cara baru bagi orang-orang untuk mengelola acara di WhatsApp, dan meluncurkan balasan terorganisasi ke Grup Pengumuman sehingga anggota dapat menanggapi pembaruan penting dari admin," demikian keterangan resmi WhatsApp pada Kamis (2/5).

Dengan hadirnya fitur acara, kini orang-orang di Komunitas akan bisa lebih mudah merencanakan pertemuan mereka secara langsung di WhatsApp, seperti menyiapkan rapat virtual dan makan malam perayaan ulang tahun.

Baca juga: WhatsApp uji coba notifikasi "Status"

Semua orang akan dapat membuat acara dan yang lain dapat memberikan respons, sehingga seluruh anggota grup bisa tahu acara yang akan datang.

Anggota grup akan dapat menemukan acara di halaman informasi grup, dan mereka juga akan menerima notifikasi otomatis ketika acara makin dekat.

Fitur acara akan tersedia dalam grup yang menjadi bagian dari sebuah Komunitas terlebih dahulu, lalu akan diluncurkan ke semua grup dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: WhatsApp uji coba fitur telepon tanpa perlu simpan kontak

Fitur baru lain yang dihadirkan oleh WhatsApp untuk Komunitas yakni balasan ke Grup Pengumuman yang memungkinkan admin mendengar masukan dari anggota, sehingga grup bisa menjadi tempat yang mudah untuk mengetahui informasi terbaru di Komunitas.

Balasan akan dikelompokkan menjadi satu dan diminimalkan, sehingga pengguna dapat melihat apa yang dikatakan orang lain sesuai konteksnya dan notifikasi dapat dibisukan untuk semua orang.

"Selama beberapa bulan ke depan, kami akan terus meluncurkan fitur baru ke Komunitas dan grup sehingga orang-orang memiliki lebih banyak fitur untuk menjaga kehidupan mereka terus terorganisasi di WhatsApp," demikian pernyataan dari WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp kembangkan fitur pengaturan kontak
Baca juga: WhatsApp hadirkan "Filter Chat" untuk permudah pencarian pesan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024