Paris (ANTARA News) - Sutradara film Prancis Edouard Molinaro, yang menyutradarai film komedi klasik "La Cage aux Folles" meninggal di Paris dalam usia 85.

Juru bicara mengatakan ia menyerah setelah berjuang mengatasi gagal paru-paru pada Sabtu saat berada di rumah sakit.

Presiden Prancis Francois Hollande memuji Molinaro sebagai "seorang pembuat film yang hebat, menawan dan orisinil" yang "memiliki bakat untuk menarik khalayak luas dengan film-filmnya yang berkualitas".

Film terlaris terbesarnya adalah "La Cage aux Folles", 1978, berkisah tentang pasangan gay yang mencoba untuk menyamar sebagai orang biasa.

Film ini dibuat ulang pada 1996 dengan judul "The Birdcage", menjadi populer dan dinominasikan untuk Oscar. "The Birdcage" dibintangi Robin Williams, Nathan Lane dan Gene Hackman.

Lahir di Bordeaux pada tahun 1928, Molinaro menjadi terkenal karena kehebatan karyanya dan kerendahan hatinya.

Pada awal karirnya ia terkurung dalam "gelombang baru" pembuatan film Prancis sejak 1950-an sebelum membelok ke arah "vaudeville dan komedi" yang dibintangi oleh pemeran, seperti, Louis de Funes, Lino Ventura dan penyanyi-penulis lagu Begia Jacques Brel.

Funes membintangi hit lain Molinaro yaitu "Oscar", sementara Brel dikenal sebagai pahlawan eponymous di film komedi "My Uncle Benjamin", 1969.

Dalam beberapa tahun terakhir, Molinaro lebih berkonsentrasi pada pembuatan film televisi dan menyutradarai episode serial TV populer Prancis, demikian seperti dikutip dari AFP.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013