Untuk penerbangan dari Kertajati, mulai September 2024 akan ada yang tujuan ke Singapura dengan periode berangkat sepekan dua kali
Majalengka, Jawa Barat (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan bahwa penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ke Singapura akan dibuka pada September 2024.

"Untuk penerbangan dari Kertajati, mulai September 2024 akan ada yang tujuan ke Singapura dengan periode berangkat sepekan dua kali," kata Bey di BIJB Kertajati, Majalengka, Jabar, Jumat.

Untuk maskapai yang akan mengisi rute penerbangan tersebut, kata Bey, akan dioperasikan oleh maskapai dari Singapura, Scoot.

Selain rute ke Singapura, Bey menuturkan pihak pengelola Bandara Kertajati juga sedang mengupayakan adanya rute menuju Surabaya yang disebut banyak peminatnya, dan banyak masyarakat dari Jawa Barat yang menanyakan rute Kertajati-Surabaya.

"Kami ingin menambah penerbangan ke Surabaya, banyak peminatnya, tapi masih menunggu maskapai ke Surabaya, menunggu ketersediaan pesawatnya," kata Bey.

Kemudian, kata Bey, pihaknya juga menginginkan adanya rute ke Pekanbaru dan kota lainnya, mengingat saat ini untuk tujuan tersebut masih harus transit di luar negeri, yakni Malaysia.

"Kemudian juga rute ke Pekanbaru, ada warga Jabar kerja di sana, mereka terbang ke Malaysia dulu baru ke Pekanbaru tapi lebih lama," tuturnya.

Sejak beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 lalu, bandara di Kabupaten Majalengka ini telah melayani sejumlah rute penerbangan baik domestik maupun internasional.

Untuk penerbangan domestik, ada tujuh rute yang tersedia, yakni tujuan Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, serta Palembang. Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet.

Sementara untuk rute penerbangan internasional adalah tujuan Kuala Lumpur, Malaysia yang telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023. Bandara ini juga masih melayani penerbangan umroh dan haji.

Baca juga: Sebanyak 13 ribu calon haji Jabar berangkat dari Kertajati tahun 2024
Baca juga: BIJB Kertajati catat jumlah penumpang angkutan Lebaran lampaui target
Baca juga: Calon pengganti nama BIJB Kertajati dari pahlawan hingga kerajaan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024