Guiyang (ANTARA) - Tim peneliti China menemukan spesies baru dari genus Impatiens di Provinsi Guizhou, China barat daya, dan menamakannya Impatiens beipanjiangensis.

Bunga kuning tersebut diuraikan dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal PhytoKeys edisi terbaru.

Nama spesies itu diambil dari Lembah Sungai Beipanjiang di Kota Panzhou, tempat tim ahli botani pertama kali menemukan spesimen tersebut pada Oktober 2019 saat melakukan survei lapangan, kata Xu Jian, salah seorang anggota tim sekaligus peneliti dari Kebun Raya Guizhou.
 
Spesies baru dari bunga impatiens yang diberi nama Impatiens beipanjiangensis  yang dipotret pada 7 Oktober 2019 di Kota Panzhou, Provinsi Guizhou, China barat daya. (ANTARA/Xinhua)   


Para ahli botani sejauh ini telah menemukan sekitar 5.100 tumbuhan dari spesies bunga tersebut, sebagian besar berada di lingkungan lembah yang lembap di ketinggian 1.300-1.500 meter di atas permukaan laut.

Spesies baru itu, yang berbunga pada bulan Oktober dan November, mirip dengan beberapa spesies Impatiens lainnya dalam hal morfologi, tapi, memiliki perbedaan yang signifikan pada sepal (kelopak), serbuk sari, biji, dan karakteristik lainnya, para peneliti memaparkan.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024