Beijing (ANTARA) - Sektor internet China mencatatkan pertumbuhan pendapatan bisnis yang stabil pada kuartal pertama (Q1) 2024, menurut data Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Dalam tiga bulan pertama tahun ini, perusahaan internet besar China dan perusahaan jasa terkait menghasilkan pendapatan bisnis senilai 384 miliar yuan/

Angka itu merupakan peningkatan 8,4 persen dalam basis tahunan (year on year/yoy). Tingkat pertumbuhan ini 0,8 poin persentase lebih tinggi dibandingkan dengan dua bulan pertama 2024.

Perusahaan yang menawarkan layanan pribadi, seperti pariwisata dan pemesanan mobil, mencatatkan peningkatan pendapatan bisnis sebesar 13,3 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara, perusahaan yang menyediakan layanan informasi mencatat peningkatan pendapatan sebesar 5,9 persen pada Q1 tahun ini.

Data tersebut mengungkapkan bahwa belanja untuk penelitian dan pengembangan di perusahaan internet besar dan layanan terkait mencapai 19,86 miliar yuan dari Januari hingga Maret, turun tipis 0,6 persen secara tahunan (yoy).

Perusahaan internet besar dan perusahaan jasa terkait mengacu pada perusahaan yang memiliki pendapatan bisnis tahunan minimal 20 juta yuan.  

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024