Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang menyatakan pihaknya sedang berupaya mendorong pemerintah Arab Saudi agar menambah kuota haji bagi masyarakat Indonesia.
 
“Kami bersama pemerintah berupaya menambah kuota, yang nantinya pasti ada konsekuensinya, terutama perbaikan pelayanan di berbagai area selama di Arab Saudi maupun Tanah Air,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Hal tersebut dia sampaikan dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Tim Komisi VIII DPR RI di Kota Medan, Sumatera Utara.
 
Dia juga menyoroti persoalan biaya ibadah haji yang saat ini semakin mahal.

Marwan mengatakan dari biaya perjalanan haji, seorang calon haji membayar biaya haji dengan bantuan nilai manfaat biaya haji sekitar Rp37 juta.

Baca juga: Wapres-Menteri Haji Saudi bahas penyelenggaraan hingga kuota haji RI

Ia mendorong Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) agar mencermati peluang-peluang yang ada untuk menambah nilai manfaat tersebut.
 
“Kami mendorong BPKH untuk melihat peluang-peluang adanya penambahan nilai manfaat ini. Kalau bisa jamaah bayar 1/3 dari biaya haji dan 2/3 didapat dari nilai manfaat setoran haji, kalau bisa,” ujar dia.
 
Sebelumnya, Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab telah menyampaikan bahwa pada tahun ini Indonesia mendapat 221.000 kuota haji.

Selain itu, Indonesia mendapat tambahan 20.000 kuota sehingga total kuota haji berjumlah 241.000 orang.
 
Jumlah ini, kata dia, terdiri atas 213.320 kuota haji reguler dan 27.680 kuota haji khusus.
 
Saiful Mujab bersyukur seluruh kuota jamaah haji reguler tahun ini sudah terpenuhi.

Dia berharap, calon haji yang sudah melakukan pelunasan dan masuk kuota keberangkatan, semuanya bisa berangkat pada operasional haji 1445 Hijriah/2024.
 
“Kloter pertama dijadwalkan mulai masuk asrama haji pada 11 Mei 2024 dan terbang ke Arab Saudi pada 12 Maret 2024,” kata dia.

Baca juga: Kemenag: Kuota jamaah reguler terpenuhi, capai 213.320 orang
Baca juga: Kemenag susun skema alokasi kuota petugas haji jalur prestasi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024