Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 252 atlet barongsai lolos dan terdaftar untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang diselenggarakan di Aceh-Sumatera Utara (Sumut) pada September.
 
Technical Delegate Cabang Olahraga Barongsai untuk PON Heryanto Salim membeberkan bahwa babak kualifikasi PON sudah dilakukan di 27 provinsi beberapa waktu lalu.
 
"Jadi sudah tersaring ada 15 provinsi termasuk tuan rumah Aceh-Sumut dengan jumlah total 252 atlet yang berhasil lolos ke PON," kata Heryanto kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, awalnya peta kekuatan atlet barongsai masih didominasi dari Pulau Jawa, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
 
Namun, dengan adanya PON, KONI di daerah sudah berkontribusi untuk membantu pengurus provinsi Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) melakukan pembinaan atlet.
 
Dengan langkah KONI daerah masing-masing, tambah Heryanto, membuat kekuatan masing-masing provinsi di luar Jawa sudah mulai imbang.
 
"Karena masing-masing KONI daerah menargetkan medali, jadi banyak juga yang mendatangkan pelatih dari luar negeri atau nasional untuk melatih di daerah, sehingga kualitas mereka sekarang setara dengan yang ada di Jawa," ujar dia.

Baca juga: 11 tahun jadi anggota KONI, 2.000 atlet kini bergabung di PB FOBI
 
Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) didirikan pada 9 Agustus 2012 oleh lima organisasi Barongsai dan Naga (Lion and Dragon Dance) yang telah lama ada di Indonesia.
 
FOBI resmi diterima sebagai salah satu cabang olahraga prestasi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat pada 20-22 Februari 2013.
 
Kini, FOBI memiliki pengurus provinsi di 27 provinsi di Indonesia dengan total 500 klub atau sasana Barongsai yang ada di seluruh Indonesia.
 
Berdasarkan data internal FOBI, jumlah atlet FOBI yang ada dan aktif di 27 provinsi tersebut tidak kurang dari 2.000 atlet.
 
Dalam PON tahun ini, cabang olahraga barongsai akan dipertandingkan untuk pertama kalinya sehingga menjadi sejarah baru bagi perkembangan olahraga tersebut di Indonesia.

Baca juga: FOBI: Kejuaraan dunia barongsai di Jakarta bangkitkan sport tourism
Baca juga: 550 atlet dari 10 negara ikut kejuaraan dunia barongsai di Jakarta

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024