Denpasar (ANTARA) - Pelatih tim nasional sepak bola putri Australia U-17 Rae Dower mengungkapkan tim-tim yang tampil di babak kualifikasi Piala Asia Putri U-17 2024 masih belum menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan bakal jadi tim yang berbeda.

Australia bakal membuka perjalanan di Piala Asia Putri U-17 dengan bertanding menghadapi China di Stadion Latihan Bali United, Gianyar, Selasa (7/5) pada pukul 16.00 Wita.

"Saya pikir pada putaran pertama babak kualifikasi, mereka tidak banyak menunjukkan kepada kita tentang kemampuan mereka dan semuanya bisa saja berbeda dan kejadian di sini," kata Rae Dower kepada pewarta, Senin.

Australia telah tiba di Bali, Indonesia sejak 29 April dan telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Selama pemusatan latihan, Australia fokus melatih tim untuk beradaptasi dengan suhu dan cuaca di Bali.

Rae Dower mengatakan timnya tak kesulitan dengan kondisi dan sudah cepat beradaptasi dengan cuaca panas di Bali karena sebelumnya telah menjalani pemusatan latihan dengan cuaca yang kurang lebih sama di Quensland, Australia.

"Kami memiliki pemusatan latihan di Queensland, jadi kondisi yang sangat serupa, panas, lembap. Jadi kami bisa melakukan sepuluh hari yang baik atau lebih bersama sekarang untuk menyesuaikan diri dan siap untuk turnamen," ujar Rae.

Menurut Rae Dower ajang Piala Asia Putri U-17 yang berlangsung di Bali, Indonesia ini merupakan kesempatan emas untuk memberikan menit bermain, pengalaman adaptasi, dan membentuk tim melalui ajang internasional.

Baca juga: Zaira ungkap Indonesia punya keuntungan kecepatan dibanding Filipina

"Apa yang kami lakukan adalah membantu mempersiapkan pemain muda kami untuk bepergian ke luar negeri, bermain dalam kondisi yang berbeda, hanya mendapatkan pengalaman internasional sepenuhnya. Jadi itu adalah kesempatan besar bagi para pemain untuk belajar dan dapat mengambil langkah mereka berikutnya," ujar Rae Dower.

Selama berada di Bali, Rae yang untuk pertama kali berkunjung ke pulau Dewata tersebut merasa terpukau dengan keramahan masyarakat setempat. Ia juga mengatakan sejumlah pemain di timnya telah mengenal situasi dan kondisi budaya karena sering menjalani liburan keluarga di Bali.

"Saya pertama kali ke Bali tetapi ada beberapa pemain saya pikir telah berada di sini untuk menjalani liburan keluarga dan staf saya juga demikian. Tetapi kesan saya sejauh ini pulau ini sangat indah dengan masyarakat yang sangat ramah, sangat hangat," ujar Rae Dower.

Baca juga: Satoru nilai persiapan tim sudah cukup untuk mengarungi kompetisi
Baca juga: Pelatih Australia U-17 fokus latih tim untuk adaptasi dengan suhu Bali

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024