Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan masyarakat di daerah itu agar tidak tertipu apabila ada oknum yang menawarkan keberangkatan ke Tanah Suci menggunakan visa selain visa haji. 

"Perlu ditegaskan bahwa visa kita (calon jamaah haji) tahun 2024 sudah keluar jadi tidak ada visa lain, selain visa haji," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumbar Mahyudin di Padang, Senin.   

Hal tersebut disampaikan Mahyudin terkait imbauan Menteri Agama mengenai kuota haji Indonesia yang sudah terpenuhi sehingga masyarakat diimbau tidak tertipu apabila adanya tawaran berangkat ke Tanah Suci menggunakan visa nonhaji.  

Untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang menjadi korban penipuan, Kemenag Provinsi Sumbar telah menyampaikan pemberitahuan ke masing-masing kabupaten dan kota terkait keberangkatan menggunakan visa haji.   

"Kita sudah mengimbau jangan sampai masyarakat tertipu oleh oknum yang mencoba mengeluarkan visa selain visa haji, padahal itu tidak ada," kata dia mengingatkan.

Kemudian untuk haji khusus, Mahyudin mengatakan hal tersebut memiliki mekanisme tersendiri di bawah naungan Kementerian Agama RI yang selalu melakukan pengawasan ke setiap provinsi.   

Tim dari pusat secara rutin memantau apakah di setiap provinsi ada atau tidak penyimpangan untuk keberangkatan haji khusus. Pengawasan itu diperlukan mengingat pemerintah memberikan izin kepada sejumlah travel resmi untuk memberangkatkan masyarakat ke Tanah Suci.  

Ia memastikan apabila ada travel resmi yang melakukan penyimpangan maka pemerintah akan mengambil sikap tegas seperti pencabutan izin operasional.  

Di saat bersamaan Pemerintah Arab Saudi juga semakin memperketat peraturan kepada masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji. Hal itu juga berlaku terhadap pihak yang mengakali naik haji menggunakan visa sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI).   

Tambahan informasi, visa kuota haji Indonesia terbagi dua yakni haji reguler yang diselenggarakan pemerintah, dan haji khusus yang diselenggarakan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Tahun ini, kuota haji Indonesia sebanyak 241.000 orang yang terdiri atas 213.320 kuota peserta haji reguler dan 27.680 haji khusus.   

Baca juga: Ahli kesehatan paparkan cara atasi heat stroke & dehidrasi saat haji

Baca juga: 5 risiko kesehatan yang sering terjadi pada jamaah saat ibadah haji

Baca juga: Arab Saudi akan terapkan aturan ketat soal visa haji tahun ini

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024