Indramayu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat, menyalurkan dana hibah sebesar Rp1,4 miliar yang digunakan untuk mendukung kelancaran pemberangkatan dan pemulangan jamaah calon haji asal daerahnya.
 
“Dalam mendukung pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji, kami telah memberikan hibah anggaran sebesar Rp1,4 miliar,” kata Bupati Indramayu Nina Agustina di Indramayu, Jumat.
 
Nina menyampaikan bahwa dana hibah tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Indramayu, yang sudah digulirkan demi kelancaran proses ibadah haji tahun ini.

Baca juga: 17 kelompok terbang sudah tertampung Asrama Haji Indramayu
 
Selain dana hibah itu, pihaknya juga mendukung penuh proses pemberangkatan jamaah menuju Makkah, Arab Saudi, dengan mengoptimalkan pelayanan di Asrama Haji Indramayu.
 
“Pelaksanaan ibadah haji menjadi lebih efisien karena sekarang telah berdiri embarkasi yang berlokasi di Kecamatan Lohbener, Indramayu,” ujarnya.
 
Ia menjelaskan jamaah dari beberapa kabupaten dan kota menetap sementara di Asrama Haji Indramayu, sesuai dengan jadwal pemberangkatan rombongan yang terbagi dalam sejumlah kloter.
 
Setelah menginap di asrama tersebut, kata Nina, jamaah calon haji diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.

Baca juga: Asrama Haji Indramayu diminta maksimal sambut jamaah haji 2024
 
“Untuk penerbangan haji menggunakan Bandara Kertajati yang lebih dekat jaraknya dari asrama,” katanya.
 
Lebih lanjut, ia menuturkan jamaah calon haji asal Indramayu yang berjumlah 440 orang kini telah berada di asrama.
 
Nina mengimbau jamaah harus tetap berada dalam satu kelompok sehingga tidak tersesat, serta bisa fokus menunaikan ibadah haji sebaik mungkin.
 
“Kami berpesan jamaah agar turut mendoakan Kabupaten Indramayu menjadi daerah yang maju untuk tujuan kesejahteraan masyarakatnya,” ucap dia.

Baca juga: Kemenag Jabar rekrut 300 orang untuk bertugas di Asrama Haji Indramayu
 
Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, sebanyak 1.855 calon haji yang tergabung dalam lima kloter akan diberangkatkan ke Tanah Suci sesuai jadwal untuk menunaikan ibadah haji.

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024