Bantuan pemberdayaan sosial itu merupakan komitmen nyata dari pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan
Indramayu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menyalurkan bantuan pemberdayaan sosial dengan total nilai sekitar Rp2 miliar dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk masyarakat di daerah itu.
 
Bupati Indramayu Nina Agustina, di Indramayu, Rabu, menyampaikan bantuan pemberdayaan sosial itu merupakan komitmen nyata dari pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan serta meningkatkan taraf ekonomi warga.
 
“Kolaborasi dari seluruh pemangku kebijakan terkait ini berpotensi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Indramayu,” katanya.
 
Berdasarkan data, bantuan itu disalurkan untuk 217 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di delapan kecamatan dan 18 desa/kelurahan di Kabupaten Indramayu.
 
Nina mengajak semua pihak, termasuk para kepala desa serta ketua RT/RW di daerahnya untuk melakukan pengawasan agar bantuan pemberdayaan sosial itu tersalurkan secara tepat sasaran.

Baca juga: Kemensos berikan bantuan rumah bagi penyintas bencana di Malaka
 
Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan instansi terkait untuk terus memperbarui data penerima bantuan secara berkala dan akurat.
 
"Tujuannya supaya penyaluran bantuan tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang memang membutuhkan," ujarnya.
 
Sementara itu Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina menjelaskan bantuan yang berasal dari Kemensos RI itu terdiri atas berbagai komponen seperti untuk nelayan kecil di wilayah pesisir, pelatihan kerajinan tangan berbahan dasar batik hingga pelatihan pengolahan komoditas mangga.
 
Selly meminta supaya bantuan pemberdayaan sosial itu dapat dioptimalkan, misalnya untuk meningkatkan kualitas hasta karya di wilayah Kecamatan Indramayu dan Sliyeg atau menggiatkan aktivitas budi daya itik manila di Kecamatan Losarang.
 
“Manfaatkan dengan baik bantuan yang sudah diberikan oleh negara khususnya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga,” tutur Selly.
 
Ia menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus menyerap aspirasi masyarakat yang kemudian akan menjadi bahan acuan untuk disampaikan pada pemerintah pusat.

Baca juga: Kemensos bantu tenda hingga makanan untuk pengungsi erupsi Lewotobi
Baca juga: Kemensos kirimkan logistik dan shelter untuk korban gempa Sumedang

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024