disalurkan pada pemberangkatan tim kedua ini berupa 100 dus mie instant, 100 dus air minum, susu kental manis 250 kaleng, susu untuk anak balita 250 dus dan sarung 150 buah.
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar memberikan bantuan logistik untuk korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc di Makassar, Senin mengatakan bantuan logistik yang disalurkan pada pemberangkatan tim kedua ini berupa 100 dus mie instant, 100 dus air minum, susu kental manis 250 kaleng, susu untuk anak balita 250 dus dan sarung 150 buah.

Fakultas Peternakan Unhas juga mengirim bantuan berupa 100 bungkus bakso siap santap. Selain bantuan logistik, tim tanggap darurat Unhas juga membawa perahu karet guna membantu proses evakuasi warga yang terdampak banjir.

Ia menjelaskan, bantuan logistik itu akan bertambah seiring dengan koordinasi bersama tim tentang kebutuhan warga di lokasi.

“Tim tanggap darurat dari Unhas akan dikirim secara bergelombang sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan logistik maupun kebutuhan medis berdasarkan kondisi lapangan,” jelasnya.

Sesuai info yang diterima dari Ketua Pusat Studi Kebencanaan Unhas Dr Ilham Alimuddin yang sudah tiba di lokasi, bantuan mendesak dibutuhkan saat ini berupa makanan, minuman, pakaian, perlengkapan wanita, perlengkapan bayi, serta sarung.

Sementara Dekan Fakultas Peternakan Unhas Dr Syahdar Baba SPt MSi, mengatakan pihaknya menyalurkan bantuan makanan siap saja berupa bakso untuk dikonsumsi warga terdampak banjir di Kabupaten Luwu.

“Untuk tahap pertama ini kami mengirim bantuan 100 bungkus bakso untuk korban bencana alam di Luwu," kata

Syahdar mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan tim Unhas di lapangan untuk bantuan tahap-tahap berikutnya.

Dirinya juga berharap bantuan makanan siap santap yang diproduksi unit bisnis Maiwa Breeding Center (MBC) Fakultas Peternakan Unhas ini bisa membantu meringankan beban korban bencana di Luwu.

Sebelumnya, Unhas telah mengirim dua tim tanggap darurat ke lokasi bencana Sulsel. Tim pertama dari Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran dan SAR Unhas di Enrekang dan Luwu. Tim ketiga dijadwalkan berangkat pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Diketahui, Unhas juga menghimpun donasi untuk civitas akademika Unhas dan masyarakat umum yang ingin turut membantu korban bencana alam di Sulsel. Bantuan juga dapat disalurkan melalui virtual account (9889900718100001) atas nama Peduli Luwu.
Baca juga: Nakes Sulsel terjang titik terisolasi Latimojong layani korban banjir
Baca juga: Pemprov Sulsel kirim 10 ton beras untuk korban banjir di Luwu

Baca juga: 12 desa di Latimojong Luwu terisolasi dampak banjir dan longsor
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024