Mamuju (ANTARA) - Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Barat memprioritaskan pelayanan Jamaah Calon Haji lanjut usia 73 orang yang akan berangkat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Kemenag Sulbar memberikan pelayanan prioritas bagi JCH lansia melalui program haji ramah lansia," kata Kepala Seksi Humas Kemenag Sulbar, Muhammad Abidin di Mamuju, Senin.

Program haji ramah lansia dilaksanakan dengan memaksimalkan pelayanan haji dan meniadakan ibadah haji yang dapat menyebabkan kelelahan dan memperburuk kondisi kesehatan JCH lansia.

"Di kalangan para JCH Sulbar, juga akan ditanamkan sikap kesadaran untuk peduli dan mau membantu serta menolong JCH lansia selama beribadah di tanah suci," katanya.

Selain itu, kata dia, CJH lansia di Sulbar akan didampingi petugas haji daerah (PHD) dan kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU) Kemenag Sulbar 12 orang.

Ia mengatakan, sebanyak 73 orang haji langsung berasal dari enam Kabupaten di Sulbar akan menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

Diantaranya Kabupaten Mamuju Tengah 25 orang, Polman 22 orang, Mamuju 12 orang, Pasangkayu delapan orang, Majene empat orang, dan Mamasa dua orang.

Ia juga menyampaikan, untuk JCH Sulbar yang ke tanah suci tahun ini, sebanyak 1.519 orang berasal enam Kabupaten di Sulbar.

JCH paling banyak di Sulbar, berasal dari Kabupaten Polman sebanyak 527 orang, Kabupaten Mamuju sebanyak 271 orang dan Kabupaten Majene sebanyak 250 orang.

Kemudian Kabupaten Mamuju Tengah sebanyak 190 orang Kabupaten Pasangkayu sebanyak 161 orang dan Kabupaten Mamasa 107 orang.
Baca juga: 388 calon haji Sulbar berangkat ke Tanah Suci
Baca juga: Kuota haji Sulbar 1.454 orang
Baca juga: Kuota jemaah haji Sulbar 2023 sebanyak 1453 orang

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024