Penghargaan ini diharapkan dapat memberi motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja dalam pembangunan daerah
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kepada daerah yang berhasil meraih capaian terbaik dalam penyusunan, implementasi, dan inovasi perencanaan pembangunan.

“Dalam seremoni hari ini, kami mohon berkenan Bapak Presiden (Joko Widodo) untuk menyerahkan penghargaan pembangunan daerah. Penghargaan ini diharapkan dapat memberi motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah bekerja dalam pembangunan daerah,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta, Senin.

Dia menyatakan bahwa pemenang PPD 2024 dipilih berdasarkan evaluasi komprehensif dan kreatif atas perencanaan pembangunan daerah.

Adanya PPD dinilai mendorong pemerintah daerah (pemda) dalam menyusun perencanaan yang lebih konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat diimplementasikan, serta mendorong sinergi dan sinkronisasi antara perencanaan pusat dan daerah.

Selain itu, PPD dan Expo Pembangunan Daerah 2024 juga menjadi wadah bagi pemda untuk berkolaborasi dan memperkenalkan inovasi serta keunggulan daerah dalam perencanaan sekaligus mencari solusi guna mengatasi tantangan pembangunan.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian PPN/Bappenas memberikan PPD 2024 kategori provinsi, kabupaten, dan kota yang diserahkan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Predikat Provinsi Terbaik Pertama diraih Jawa Barat, Terbaik Kedua Kalimantan Selatan, dan Terbaik Ketiga diraih DKI Jakarta.

Adapun PPD 2024 kategori Kabupaten Terbaik Pertama diraih Temanggung di Jawa Tengah, Terbaik Kedua diraih Banyuwangi di Jawa Timur (Jatim), serta Terbaik Ketiga diraih Gowa di Sulawesi Selatan. Untuk Predikat Kota Terbaik Pertama diraih Malang di Jatim, Terbaik Kedua diraih Palu di Sulawesi Tenggara, dan Terbaik Ketiga diraih oleh Metro di Lampung.

Baca juga: Presiden minta hati-hati kelola setiap Rupiah anggaran yang dimiliki
Baca juga: Kepala Bappenas: Hak milik atas tanah dibolehkan di IKN
Baca juga: Menteri PPN Suharso: RI maju signifikan dalam satu dekade terakhir


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024