Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menekankan bahwa baik dosen maupun guru perlu mulai mengintegrasikan Artificial Intelligence (AI) di dalam proses pengajarannya.

“Seharusnya tugas kita belajar dari pengalaman-pengalaman itu bahwa AI ada di sini dan kita tidak bisa menghindarinya. Justru kita dosen dan guru perlu mengintegrasikan AI mulai dari proses pembelajarannya, bukan hanya ketika ada tugas atau asesmen,” kata Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Anindito Aditomo dalam diskusi daring di Jakarta, Senin.

Anindito menuturkan perdebatan menggunakan AI masih terus berlanjut hingga hari ini. Keberadaan AI dinilai membuat kemampuan para siswa untuk mengembangkan suatu kerangka berpikir yang baik karena sifatnya yang dapat membantu secara instan.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut pengembangan AI dukung pemajuan pendidikan Indonesia

Seringkali penggunaan AI dicap oleh pengajar sebagai suatu yang curang dan harus dipisahkan dari pembelajaran. Ia mencontohkan penggunaan kalkulator dalam pelajaran matematika sempat didebatkan karena dapat memberikan hasil hitung dalam waktu singkat.

Hal tersebut dilanjutkan dengan kemunculan Google beserta mesin pencarian dan Wikipedianya.

“Ketika Google hadir dengan mesin pencariannya, ada Wikipedia misalnya. Dulu jangan sampai murid pakai untuk mengerjakan tugas. Saya rasa, kita harus mulai berpikir ulang tentang makna pembelajaran dan asesmen di zaman AI ini,” ujarnya.

Baca juga: Kemendikbudristek kaji penggunaan AI di satuan pendidikan

Menurutnya, seharusnya pengalaman merasakan berbagai perkembangan teknologi tersebut dijadikan sebagai ‘pemantik’ ketika memberikan tugas pada para murid. Setiap guru dan dosen disarankan untuk memberi tugas yang dapat dikembangkan lebih jauh menggunakan AI.

“Jangan kasih tugas yang hanya dengan AI saja sudah cukup dan selesai. Kita harus ubah supaya bisa menjadi alat bantu dalam proses pengerjaan tugas itu. Contoh dalam membuat esai atau tulisan, kita bisa minta mahasiswa atau murid pakai AI untuk brainstorming struktur tulisannya,” katanya.

Baca juga: UI dan UMKC manfaatkan AI tingkatkan kualitas pendidikan

Kalaupun mereka menggunakan bantuan AI untuk membuat rancangan tugas awal, katanya, guru dan dosen dapat meminta siswa melakukan riset yang bisa dipadukan dengan membuat pertanyaan yang menarik untuk dijawab AI, sehingga dapat dikembangkan menjadi informasi selanjutnya yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.

“Mahasiswa atau murid diperintahkan draf awal dari AI, itu pasti mengandung informasi yang kurang pas dan dia tidak mungkin mewakili suara opini khas anda. Dari draf awal itu perlu diolah lagi evaluasi kesahihan informasi, anda edit lagi sedemikian rupa sehingga dia bisa mencerminkan gaya tulisan, gaya berpikir anak sendiri,” kata dia.

Baca juga: Wamenkominfo dorong pengembangan etika AI dunia pendidikan

Baca juga: Wamenkominfo dukung kampus kaji etika pemanfaatan AI untuk pendidikan


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024