Jumlah pengungsi akibat korban erupsi Gunung Sinabung terus bertambah dan hal ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk mengurus warga tersebut,"
Medan (ANTARA News) - Pengungsi akibat terjadinya erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus bertambah setiap hari, mereka ditempatkan di Posko Penampungan, Kota Kabanjahe.

Ketua Media Center Penanggulangan Bencana Gunung Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Taringan dihubungi dari Medan, Rabu, mengatakan jumlah pengungsi hari ini (Rabu, 11/12) tercatat sebanyak 17.443 orang atau 5.534 kepala keluarga (KK).

Menurut dia, pada hari Selasa (10/12) jumlah pengungsi hanya sebanyak 17.352 jiwa atau 5.547 KK yang tersebar di 31 Posko Kabanjahe.

"Jumlah pengungsi akibat korban erupsi Gunung Sinabung terus bertambah dan hal ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo untuk mengurus warga tersebut," ujarnya.

Jhonson menyebutkan, Pemkab Karo bukan hanya mengurus lokasi penampungan bagi pengungsi itu, tetapi juga logistik makanan, kesehatan, pendidikan dan juga keselamatan masyarakat.

Selain itu, jelasnya, Pemkab Karo juga memberikan sosialisasi bagi masyarakat pengungsi agar jangan kembali ke desa kampung halaman mereka.

Karena, katanya, hal ini jelas berisiko tinggi bagi penduduk dan bisa saja terjadi peristiwa yang tidak diingini.

"Masyarakat yang berada di radius 5 kilometer dari kaki Gunung Sinabung harus meninggalkan lokasi itu, dan pindah ke tempat yang aman disediakan Pemkab Karo," kata Jhonson.(*)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013