agar lebih kreatif untuk menarik wisatawan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mengedukasi puluhan pelaku usaha pariwisata di daerah itu agar mereka dapat berinovasi dan mampu meningkatkan ekonomi warga melalui bimbingan teknis (bimtek) oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan usaha masyarakat Kepulauan Seribu agar lebih kreatif untuk menarik wisatawan dan menambah perekonomian masyarakat," kata Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan mata pencaharian di sektor pariwisata cukup menjanjikan jika dikerjakan dengan cara yang tepat sehingga menjadi mata pencarian baru selain nelayan.

Ia mengatakan pada Senin ini ada 75 pelaku usaha yang ada di Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang dan Pulau Pari yang mengikuti bimtek ini.

Ia mengatakan para peserta nantinya akan mendapatkan bimtek berupa pembuatan konten, foto, video hingga membatik.

Baca juga: Pengamat nilai konservasi Pulau Seribu majukan ekonomi biru Jakarta

"Kegiatan ini dapat menciptakan inovasi baru bidang ekonomi kreatif dan generasi muda di Kepulauan Seribu dilatih lebih kreatif sehingga bermanfaat untuk masa depan," katanya.

Sementara itu, Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan mengatakan kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Melalui kegiatan ini para pelaku usaha bisa termotivasi dan kreatif mengembangkan usahanya, salah satunya dengan promosi dari konten foto, video atau juga membatik.

Dirinya berharap para peserta mengikuti secara maksimal sehingga bisa mengembangkan usahanya dan menarik minat pengunjung dan wisatawan.

Peserta Bimtek asal Pulau Pari Rifo Anggoro (25) mengatakan kegiatan ini sangat positif dan membantu pengembangan usaha yang dimiliki.

Baca juga: BEM UI dukung gerakan ekonomi sirkular lewat penanganan sampah

"Bimtek membantu saya untuk pengembangan usaha pemandu wisata (tour guide) yang saya tekuni, sehingga saya bisa meningkatkan promosi wisata kepada para wisatawan," katanya.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu di Gedung Serbaguna Pulau Untung Jawa.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu fokus menggarap bidang pariwisata termasuk menyiapkan sejumlah langkah penting pada sektor tersebut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Kami siapkan pariwisata menjadi pendukung utama pendapatan daerah," kata Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.

Junaedi mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebelas destinasi wisata unggulan di pulau berpenduduk dan mengajukan ke Provinsi DKI Jakarta untuk menyiapkan peraturan daerah (perda) sebagai pendukung.

Baca juga: Kemenkop-UKM latih usaha mikro sektor pariwisata Pulau Tidung

"Pemerintah kabupaten telah membuat terobosan dan ada kemajuan, perubahan dan gagasan ide sehingga bisa masuk akal untuk dilakukan," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024