Jakarta (ANTARA News) - Borrussia Dortmund lolos ke babak 16 Besar setelah menang meyakinkan 2-1 pada pertandingan terakhirnya melawan Marseille di Stade Velodrome, Marseille.

Dortmund yang mendominasi permainan meskipun tampil di kandang lawan, menciptakan gol pertama mereka hanya empat menit babak pertama.

Eric Durm melepaskan umpan matang ke arah atas Robert Lewandowski yang dengan mudah menaklukan kiper Steve Madanda yang sudah keburu maju menyambut bola.

Dortmund pun unggul cepat 1-0 pada menit 4 babak pertama, namun sepuluh menit kemudian tuan rumah menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol ini berawal dari tendangan penjuru Dimitri Payet yang disambut sundulan Saber Khalifa yang berhasil memperdaya kiper Dortmund Roman Weidenfeller.

Tandukan Khalifa ini membentur tiang gawang, tapi beruntung bola mental ini dimanfaatkan oleh Souleymane Diawara dengan satu sundulan ke dalam gawang Dortmund.

Kedudukan 1-1 bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Dortmund yang sebenarnya cukup bermain seri, terus menekan dan menciptakan gol kedua pada menit 87 lewat Kevin Grosskreutz yang menjadi pahlawan bagi runner up Liga Champions musim lalu ini.

Dortmund pun finish di puncak Grup F, sedangkan Marseille ada di dasar klasemen.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013