siap menerima risiko jika terlibat
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50 orang anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Pademangan, Jakarta Utara menandatangani Surat Pernyataan Anti Narkoba sehingga bila terlibat mereka siap ditindak tegas baik secara pidana maupun kedinasan.

"Total ada 50 personel yang sudah menandatangani dan siap menerima risiko jika terlibat penggunaan barang haram tersebut," kata Kapolsek Pademangan Polres Metro Jakarta Utara Kompol Binsar Hatorangan Sianturi usai apel kegiatan tersebut di Jakarta, Senin. 

Menurut dia, hal itu merupakan bagian dari komitmen bersama dan terus melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Oleh karena itu, tegasnya, salah satunya sebagai bukti keseriusan dalam pemberantasan penyalahgunaan narkotika dituangkan dalam bentuk surat pernyataan yang ditandatangani seluruh personel Polsek Pademangan. 

Ia menegaskan, jika ada anggota yang terlibat kasus penyalahgunaan tentu akan diproses secara pidana dan secara kedinasan.

Baca juga: Polres Metro Jaksel pecat enam anggota terkait narkoba dan bolos kerja

Dengan demikian, lanjut Binsar, bagi anggota Polsek Pademangan jangan coba-coba untuk memakai narkoba yang dapat merugikan bagi diri sendiri, kedinasan dan keluarga.

"Jangan main-main karena ini persoalan hukum dan sanksi yang akan diberikan jelas," katanya.

Ia juga mengajak seluruh personel untuk meningkatkan kewaspadaan dan daya tangkal masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba.

Menurut dia. pencegahan peredaran gelap narkoba harus dilakukan secara bersama yakni mulai dari polisi yang bersih dan tidak terlibat penggunaan narkoba.

Apabila petugas kepolisian bersih dari barang haram tersebut maka baru bisa mengajak dan mencegah peredaran di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Rumah di Sentul jadi lab narkoba, Polisi: Ini pertama di Indonesia

"Penyalahgunaan narkoba merupakan tindak pidana berat dan harus disadari bersama pencegahan hanya dapat dilakukan secara bersama-sama," katanya. 

Selain meningkatkan penindakan, lanjutnya proses pencegahan harus dikedepankan dengan melakukan sosialisasi serta merangkul masyarakat melakukan pengawasan di lingkungan masing-masing.

"Jika semua terlibat dalam pengawasan maka tidak akan ada ruang bagi pelaku melakukan peredaran narkoba di wilayah ini," katanya. 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024