Untuk itu kami terus mendorong agar Pemkab Serang terus mengakselerasi penyelesaian TLRP tersebut, sehingga permasalahan sama tidak terulang kembali pada pemeriksaan periode berikutnya
Serang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Opini tertinggi BPK tersebut diraih oleh Pemkab Serang
untuk ke 13 kali secara berturut-turut.
 
Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten, Dede Sukarjo, di Serang, Banten, Senin, mengatakan pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari tugas konstitusi BPK. Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK Perwakilan Provinsi Banten, maka BPK memberikan opini WTP atas LKPD Kabupaten Serang tahun 2023.
 
 
”Dengan demikian, secara berturut turut dalam 13 tahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Serang mendapat opini WTP," katanya.
 
Berdasarkan data rekapitulasi pemantauan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK sampai dengan semester II tahun 2023, persentasi TLRHP Pemerintah Kabupaten Serang secara keseluruhan adalah sebesar 84,71 persen.
 
 
”Untuk itu kami terus mendorong agar Pemkab Serang terus mengakselerasi penyelesaian TLRP tersebut, sehingga permasalahan sama tidak terulang kembali pada pemeriksaan periode berikutnya,” katanya.
 
 
Sementara itu, Sekda Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan LKPD Pemkab Serang tahun 2023 adalah WTP ke 13 kalinya merupakan capaian prestasi bagi jajaran semua OPD di lingkungan Pemkab Serang. Tentunya di bawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam hal pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Serang selama 13 tahun.
 
 
"Ini yang harus dipertahankan dan dikembangkan lebih lanjut, serta menyelesaikan beberapa catatan dari BPK yang akan segera ditindaklanjuti dengan rencana aksi sebelum 60 hari ke depan,” ujarnya.
 
 
Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, mengatakan capaian perolehan opini WTP dari BPK selama 13 kali berturut-turut merupakan prestasi bagi Pemkab Serang..Ini tentunya  menjadi spirit Pemda agar bisa mempertahankan dan meningkatkan kembali.
 
 
”Mempertahankan memang tidak mudah, maka perlu kolaborasi semua pihak terutama di TAPD harus bersinergi antar lintas OPD. Sehingga, ketika pada tahun anggaran ke depan LKPD nya mampu mempertahankan dan meningkatkan opini WTP," katanya.

Baca juga: Bupati dan BUMD Serang raih penghargaan di ajang BUMD Award 2024
Baca juga: Serang optimalkan kerajinan bambu Tegalmaja
Baca juga: Pemkab Serang promosikan produk UMKM di Pelabuhan Merak

 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024