Baduy mengajarkan kelestarian lingkungan agar hidup kita selaras dengan alam...
Jakarta (ANTARA News) - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dalam kunjungannya ke Banten, mengatakan warga suku Baduy telah memberikan insipirasi bagi bangsa, mengenai bagaimana memelihara kearifan lokal dan menjaga keselarasan hidup dengan alam.

"Kita bisa memetik pelajaran dari kearifan lokal Suku Baduy. Baduy mengajarkan kelestarian lingkungan agar hidup kita selaras dengan alam," ujar Anies melalui pesan elektronik yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Anies, yang juga salah satu peserta konvensi bakal calon Presiden Partai Demokrat, mengatakan pada kunjungannya ke Banten, dia menyempatkan bermalam di kediaman salah satu warga Baduy bernama Sarip.

Menurut mantan Ketua Komite Etik KPK ini, warga Baduy memberikan apresiasi yang positif terhadap kedatangan dirinya. Bahkan, dia dipersilahkan untuk mengenakan pakaian adat yang selalu dikenakan Suku Baduy.

Setelah mengunjungi warga Baduy, Anies bertolak ke Bogor untuk melakukan silaturahim dengan para petani di di Pesantren Darul Falah. Di pesantren itu, kepada para petani, Anies mengajak berkomitmen kuat untuk mencegah dan memberantas tindakan korupsi.

"Korupsi harus dilawan karena merugikan masyarakat umum seperti kita, merugikan petani dan peternak," ujar penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini.

Sebagai contoh, lanjut Anies, korupsi telah menghambat pembangunan infrastruktur pertanian, dan infrastruktur yang membangun konektivitas sehingga jalur transportasi untuk mengangkut hasil pertanian ke perkotaan atau sebaliknya menjadi sulit.

"Korupsi membuat infrastruktur jadi parah, jalanan rusak, akibatnya hasil-hasil pertanian jadi mahal, ini jelas merugikan petani," ujar dia.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013