Kita dengan komposisi yang ada mungkin dari awal tahun ini atau akhir tahun lalu ga ada yang meyakini kita bisa sejauh ini
Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie merasa bangga mampu menghapus keraguan terhadap tim bulu tangkis Indonesia yang diperkuat para pemain muda dengan berhasil mencapai final Piala Thomas 2024.

Optimisme Jonatan terhadap tim Indonesia terlihat dari semangat juang pebulu tangkis berusia 26 tahun itu dengan mengemas poin kemenangan 100 persen di Piala Thomas.

"Bersyukur puji Tuhan selama di Thomas Cup kemarin bisa menyumbang poin untuk Indonesia. Tapi terlebih dari itu saya lebih bangga lagi bisa ada di tengah-tengah tim saya," kata Jonatan dalam keterangan tertulis kepada wartawan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Tim Piala Thomas dan Uber kembali ke Indonesia

"Karena kita dengan komposisi yang ada mungkin dari awal tahun ini atau akhir tahun lalu ga ada yang meyakini kita bisa sejauh ini."

Jonatan berharap bisa mengikuti Piala Thomas edisi mendatang bersama dengan komposisi pemain yang ada saat ini untuk merebut gelar juara.

"Dengan proses yang kita lewati, dengan usaha dan kerja keras yang kita lakukan, sampai kemarin di final saya cukup bangga dengan tim saya," ujar Jonatan.

"Dan, saya berharap di next Thomas Cup dengan komposisi yang sama saya harap kita bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi untuk Indonesia."

Pada Piala Thomas 2024 tim Indonesia diperkuat oleh Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan di nomor tunggal, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin di nomor ganda.
 
Sekretaris Jenderal PP PBSI Muhammad Fadil Imran (kiri) mengalungkan bunga kepada pebulu tangkis tim Thomas Indonesia Jonatan Christie (kanan) setibanya dari Chengdu, China di Terminal VIP Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6/5/2024). . ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Baca juga: Para debutan petik pengalaman berharga di Piala Thomas dan Uber

Tim Indonesia melaju hingga final Piala Thomas 2024 merupakan penampilan final ke-22 bagi skuad Merah Putih, serta final ketiga mereka secara berturut-turut.

Namun, Jonatan dan kawan-kawan harus puas menempati posisi runner up dalam ajang tersebut setelah menelan kekalahan 1-3 dari China.

Piala Thomas terakhir dibawa pulang oleh tim putra Indonesia pada tahun 2020 di Aarhus, Denmark. Kemenangan tersebut merupakan pencapaian yang sangat diapresiasi oleh para penggemar bulu tangkis, karena Indonesia berhasil memboyong Piala Thomas di turnamen tersebut setelah puasa gelar selama 19 tahun lamanya.

Pada edisi 2022, Indonesia keluar sebagai runner up setelah kalah dari tim bulu tangkis putra India.

Baca juga: Piala Thomas gagal digapai tapi Jonatan besarkan asa sukses Olimpiade
Baca juga: Dito sebut para atlet sudah maksimal berlaga di Thomas & Uber Cup 2024

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024