Paskibraka bukanlah kegiatan rutin tahunan, namun menjadi salah satu alat yang dapat membentuk karakter generasi muda yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, terampil, dan disiplin
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri berharap personel Paskibraka 2024 yang terpilih dari hasil seleksi dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, disiplin, dan berkarakter Pancasila.
 
"Saya berharap siswa-siswi yang mengikuti seleksi bisa menjalankannya dengan penuh semangat dan disiplin yang tangguh, serta dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Sehingga nantinya melahirkan SDM yang sehat secara jasmani dan rohani, terampil, disiplin, dan berkarakter Pancasila," kata Taufan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.
 
Di hadapan peserta seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024, Taufan juga memberikan semangat dan selamat kepada 88 orang yang sudah mewakili lima Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.
 
Seleksi pembentukan Paskibraka tingkat Provinsi DKI Jakarta terdiri atas 44 siswa dan 44 siswi. Panitia seleksi akan memilih 22 pasang siswa dan siswi atau 44 calon Paskibraka tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2024.
 
Selanjutnya, ada dua pasang atau empat anggota Paskibraka terbaik untuk dikirim ke tingkat nasional. Sehingga, Taufan berharap, para panitia yang melakukan seleksi agar menerapkan sistem meritokrasi atau memilih calon berdasarkan kemampuan dan prestasi.
 
"Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta. Semoga siswa-siswi utusan kota dan kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sukses mengikuti seleksi Paskibraka dengan sebaik-baiknya," ucap Taufan berpesan.
 
Lebih lanjut, Taufan mengungkapkan Paskibraka bukanlah kegiatan rutin tahunan, namun menjadi salah satu alat yang dapat membentuk karakter generasi muda yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, terampil, dan disiplin.
 
Oleh karena itu, kata Taufan, para peserta pantas untuk bangga melihat banyaknya yang mendaftar, mereka terpilih dan mendapat kesempatan dalam tugas yang mulia sebagai calon anggota Paskibraka.
 
"Ini melatih peserta dalam menumbuhkan rasa bertanggung jawab, memiliki rasa cinta kepada NKRI, dan berkarakter Pancasila," ucap Taufan.
 
Dalam pesannya tersebut, Taufan menyebut kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan wawasan sejarah yang merupakan rajutan pengalaman positif sehingga menjadi kenangan manis di kemudian hari.
Baca juga: Komisi A usul hibah FKUB direalokasi untuk efektivitas dan efisiensi
Baca juga: DKI usulkan dana hibah parpol naik jadi Rp7.500 per suara
Baca juga: Kesbangpol DKI sebut dana Parpol naik jika keuangan bagus

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024