Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan Banyumas sebagai kabupaten kreatif untuk unggulan subsektor seni pertunjukan
Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengharapkan pergelaran Jazz Gunung Slamet di Wanawisata Baturraden pada Sabtu (11/5/2024) dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerahnya.

"Ajang ini menjadi hal yang menggembirakan bagi kami, Pemerintah Kabupaten Banyumas, bahwa ini semakin memperkokoh, memperkuat penetapan Banyumas sebagai kabupaten kreatif pada 2023," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Setia Rahendara dalam konferensi pers di Purwokerto, Banyumas, Jateng, Selasa.

Dalam hal ini, kata dia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan Banyumas sebagai kabupaten kreatif untuk unggulan subsektor seni pertunjukan.

Oleh karena itu, dia mengharapkan pergelaran Jazz Gunung Slamet yang memasuki tahun kedua tersebut dapat terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, sehingga akan melengkapi kalender kegiatan yang ada di Banyumas.

Menurut dia, hal itu karena akan memengaruhi sektor-sektor lain yang ada di Banyumas seperti pariwisata, ekonomi kreatif, perhotelan, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia mengakui jika pada Mei 2024, banyak kegiatan regional dan nasional yang diselenggarakan di Kabupaten Banyumas, sehingga berdampak terhadap okupansi hotel khususnya yang berada di Purwokerto.

"Berdasarkan laporan dari PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kabupaten Banyumas, okupansi hotel pada bulan Mei meningkat 35 persen dari sebelumnya," kata Setia.

Sementara itu, Direktur Jazz Gunung Indonesia Bagas Indyatmono mengatakan Jazz Gunung Slamet menjadi pembuka rangkaian Jazz Gunung Series 2024 yang akan digelar di sejumlah daerah, yakni Jazz Gunung Bromo (Juli), Jazz Gunung Ijen di Banyuwangi (Agustus), dan Jazz Gunung Burangrang di Bandung (September).

Menurut dia, pihaknya memiliki alasan tersendiri untuk menjadikan Jazz Gunung Slamet sebagai pembuka Jazz Gunung Series 2024, karena kegiatan tersebut merupakan pergelaran jaz termuda karena Jazz Gunung Slamet 2023 digelar pada Oktober.

"Tahun kedua itu belum optimal, kalau dibandingkan dengan Jazz Gunung Bromo yang tahun ini memasuki tahun ke-16. Jadi, kami ingin introduction-nya kami lakukan di Banyumas ini," katanya.

Selain itu, kata dia, dukungan dari Banyumas juga cukup baik dan paling siap untuk menyelenggarakannya, sehingga pihaknya menjadikan Jazz Gunung Slamet sebagai pembuka.

Menurut dia, pihaknya memiliki komitmen untuk terus bisa menghadirkan pergelaran Jazz Gunung Slamet di Banyumas.

"Hadirnya event ini juga diharapkan mampu mendorong perekonomian dan pariwisata Banyumas serta berkontribusi terhadap peningkatan kesadaran masyarakat untuk merawat keindahan alamnya," katanya menjelaskan.

Ia menambahkan selama acara berlangsung, pihaknya berkomitmen untuk menyuarakan kegiatan yang ramah lingkungan dengan mengarahkan pengunjung untuk tidak meninggalkan sampah di area pertunjukan.

Menurut dia, pengunjung akan menyaksikan apa yang telah diciptakan Jazz Gunung sejak awal dalam komitmen terhadap keberlanjutan acara (sustainability event).

"Kami konsisten dan berkomitmen menggunakan elemen-elemen yang ramah lingkungan sebagai properti di ajang Jazz Gunung Series. Misalnya, menggunakan bantal duduk dari hasil daur ulang dan menggunakan instalasi bambu untuk dekorasi panggung," katanya

Bagas mengatakan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan langkah-langkah untuk mengurangi dampak lingkungan, perlu diimplementasikan secara luas untuk mencapai tujuan keberlanjutan acara.

Salah seorang anggota grup jaz asal Purwokerto "Langthiep & the Boy Friends", Wisnu Barata mengaku senang karena diajak untuk bergabung dan tampil dalam pergelaran Jazz Gunung Slamet 2024.

"Yang pasti, satu, kebanggaan. Kedua, bisa mengenalkan juga musiknya Langthiep karena kami akan menampilkan beberapa lagu produk kami sendiri," katanya.

Sebagai satu-satunya grup jaz lokal yang tampil dalam pergelaran musik itu, dia mengharapkan bisa terus bekerja sama dengan Jazz Gunung Indonesia dan ke depan makin banyak komunitas jaz dari anak-anak muda.

Baca juga: Melodi musik jaz tarik wisatawan ke Baturraden
Baca juga: Banyumas harapkan QRIS Jazz Gunung Slamet tingkatkan kunjungan wisata
Baca juga: Jazz Gunung Bromo 2023 hadirkan tema etnik lintas generasi

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024