masing-masing kelompok petani mendapatkan bantuan NPK Vertila 1.600 kilogram dan untuk ZA 400 kilogram
Temanggung (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian.dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memberikan bantuan pupuk kepada 288 kelompok petani tembakau pada masa tanam 2024.

Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan DKPPP Kabupaten Temanggung Sumarno di Temanggung, Selasa, menyampaikan masing-masing kelompok petani mendapatkan bantuan NPK Vertila 1.600 kilogram dan untuk ZA 400 kilogram.

"Kami berharap bantuan pupuk ini bisa menjadi stimulan pada petani di Kabupaten Temanggung pada musim tanam tembakau kali ini, karena kita sadari tembakau ini tidak mendapatkan slot untuk pupuk bersubsidi," katanya.

Oleh karena itu, katanya, dengan adanya bantuan pupuk ini bisa meringankan beban dari petani, khususnya untuk sarana produksi.

"Saat ini posisinya sudah disampaikan ke kelompok petani, nanti aplikasinya sesuai dengan waktu tanam. Ada yang sudah tanam tetapi ada juga yang belum, khususnya untuk daerah tengah dan selatan ini baru proses pembibitan, yaitu daerah Sindoro dan Sumbing baru pembibitan," katanya.

Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo menyampaikan bantuan pupuk dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun bantuan pupuk dari pemerintah kabupaten agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Baca juga: Wisatawan bisa nikmati suasana "wiwit" tanam tembakau di Temanggung

"Hal ini penting kami sampaikan, bantuan ini jangan dijual. Kalau dijual nanti jadi masalah , kalau sudah masuk ke aparatur penegak hukum kita yang pusing, 'panjenengan' juga pusing," katanya.

Oleh karena itu, dia meminta para penerima bantuan pupuk ini tidak menjual pupuk yang sudah diterima karena bentuknya bantuan yang harus digunakan dengan baik.

"Ini saya ingatkan betul, karena penting bagi 'penjenengan' semuanya," katanya.

Pemerintah Kabupaten Temanggung berupaya semaksimal mungkin memberikan bantuan kepada petani.  "Terutama petani tembakau karena andalan kita itu tembakau dan kedua kopi," katanya.

Ia berharap tahun ini semua tembakau yang ditanam itu hasilnya bagus sehingga kalau dijualnya juga bagus harganya.

Baca juga: Pemkab Temanggung salurkan dana hibah kepada 250 kelompok kesenian

Baca juga: Pemkab Temanggung sediakan bantuan gratis benih tembakau 100-120 kg

Baca juga: Pemkab Temanggung targetkan kunjungan 60.000 wisatawan selama lebaran

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024