Inisiatif Indonesia untuk mengambil posisi sebagai tuan rumah untuk forum yang membahas semua aspek dari air di dunia, ini yang paling penting
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebutkan World Water Forum merupakan inisiatif Indonesia untuk membahas ekosistem air di level global.

"Kita melihat World Water Forum itu Indonesia yang berbuat untuk dunia. Inisiatif Indonesia untuk mengambil posisi sebagai tuan rumah untuk forum yang membahas semua aspek dari air di dunia, ini yang paling penting," ujar Wakil Ketua Umum Bidang PUPR Kadin Insannul Kamil di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, banyak hal yang akan dibahas dalam World Water Forum Ke-10 yang diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei 2024.

"Karena sumber daya air itu sebuah ekosistem mulai dari hulu hingga hilir, jadi tidak cuma bicara soal ketersediaan air namun juga membahas teknologinya, pendanaannya, mengurai tantangan pangannya, dan masih banyak lagi" katanya.

Sebagai informasi, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Forum Air Dunia atau World Water Forum Ke-10 merupakan yang pertama di kawasan Asia Tenggara yang akan berlangsung di Nusa Dua Provinsi Bali pada 18-25 Mei 2024 oleh World Water Council (WWC), dinilai menjadi bukti kepercayaan lembaga internasional terhadap bangsa ini.

Baca juga: Kadin: Peningkatan infrastruktur air penting capai Indonesia Emas 2045

Baca juga: Kadin sebut rasa percaya pererat hubungan dagang Indonesia-Dubai


Forum internasional itu mencakup tiga pendekatan, yakni Thematic Process yaitu memberikan landasan substantif pada isu atau permasalahan air.

Kemudian Regional Process yaitu memberikan perspektif tentang air dari semua region, serta Political Process menyediakan platform untuk berdiskusi dengan pemangku kepentingan.

Para pakar juga akan datang dan terdapat 280 sesi. Di sana juga ada sesi bagi anak-anak muda untuk turut berbicara dan berperan dalam pengelolaan air.

World Water Forum membahas soal pentingnya air bagi kehidupan masyarakat secara global dan mempertemukan berbagai sektor seperti pangan, energi, lingkungan, kesehatan sesuai dengan tema yang diangkat pada World Water Forum 2024 yakni Water for Shared Prosperity atau Air Untuk Kemakmuran.

Baca juga: Kadin Dubai nilai kayu panel RI punya potensi ekspor ke negaranya

Baca juga: Kadin: Jateng butuh bandara sebagai pintu masuk internasional


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024