Jakarta (ANTARA News) - Lindswell Kwok, atlet Wushu Indonesia asal Medan, Sumatera Utara mengaku telah memperlajari olahraga tradisional China tersebut sejak masih berusia 9 tahun.

Meskipun sudah mendalami Wushu sejak dibangku Sekolah Dasar, Lindswell Kwok mengakui pada saat itu dirinya tidak begitu menyukai cabang olahraga ini.

"Saya udah memulai sejak umur sembilan tahun tapi saat itu saya belum menyukai Wushu," kata Lindswell Kwok kepada ANTARA News di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (12/12).

"Tapi lama-lama setelah melihat senior saya juara, saya jadi bersemangat dan benar-benar menyukai Wushu, mungkin saat itu usia saya sudah 14 atau 15 tahun," tambah Lindswell Kwok yang baru berusia 22 tahun.

Lindswell Kwok merupakan atlet Indonesia pertama yang menyumbangkan emas dari nomor nomor Taulo Taijijian atau menggunakan pedang pada ajang SEA Games 2013 di Myanmar.

Sebelumnya Lindswell Kwok pernah meraih dua emas dari nomor taijijian dan taijiquan pada SEA Games 2011.

Lindswell Kwok juga mengatakan bahwa untuk SEA games kali ini lawan sudah lebih kuat daripada sebelumnya.

"Sekarang para saingan sudah mulai mengejar, para junior juga sudah naik seperti dari tuan rumah (Myanmar), Malaysia juga Vietnam sekarang sudah saling mengejar," kata Lindswell Kwok.

"Untuk itu tugas saya untuk terus berlatih agar tidak terkejar," pungkas atlet yang mengawali karir di ajang World Junior Wushu Championships sebuah kompetisi wushu internasional usia dibawah 18 tahun pada tahun 2006 ini. (*)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013