Ramallah, Wilayah Palestina,  (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry Kamis tiba di Ramallah guna bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas, dalam upaya lain untuk mempromosikan pembicaraan damai Israel-Palestina yang sulit dipahami.

Kerry tiba di kantor kepresidenan Ramallah pada pukul 17.15 GMT, sedikit terlambat, karena cuaca ekstrim - termasuk badai salju - yang menyapu Israel dan Wilayah Palestina, kata seorang koresponden AFP.

Pertemuan berakhir pada pukul 19.35 GMT, kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pada Jumat, diplomat tertinggi AS itu dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Shimon Peres sebelum melanjutkan kunjungan ke Yordania.

Ini adalah perjalanan kesembilan Menlu AS ke Israel dan Tepi Barat sejak Maret, dan keduanya dalam waktu kurang dari sepekan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki mengatakan awal pekan ini bahwa tujuan AS adalah "difokuskan pada kesepakatan akhir" perjanjian sementara antara Israel-Palestina.

Pekan lalu, dia mengatakan "kita lebih dekat dari yang kita telah lakukan dalam bertahun-tahun" untuk mencapai kesepakatan damai.

Tetapi Palestina mengatakan gagasan Kerry mengenai pengaturan keamanan di masa depan, yang dipresentasikan kepada kepemimpinan Palestina pekan lalu, telah memicu "krisis nyata."

Kerry dari 11-18 Desember melakukan lawatan yang juga akan membawanya ke Vietnam, di mana ia berjuang sebagai letnan angkatan laut dalam Perang Vietnam dan Filipina.

Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013