PRESTON, Inggris, 12 Desember 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- University of Central Lancashire (UCLan) meluncurkan program sarjana kedokteran. Sekolah Kedokteran dan Kedokteran Gigi UCLan berencana untuk menawarkan program sarjana kedokteran (MB) dan sarjana ahli bedah (BS) selama 5 tahun terhadap 35 mahasiswa dimulai pada bula September 2014. Agar sejalan dengan Sekolah Kedokteran baru lainnya, Dewan Kedokteran Umum (GMC) telah berkomitmen untuk bermitra dengan UCLan untuk memungkinkan program MB BS memperoleh pengakuan GMC sepenuhnya.

Selama menjalani pendidikan, para mahasiswa akan mempelajari ilmu kedokteran serta kemampuan klinis dan komunikasi di sejumlah fasilitas UCLan senilai jutaan pound yang terletak di Preston dan Burnley. UCLan akan bekerjasama dengan East Lancashire Hospitals NHS Trust (ELHT), pihak yang akan menyediakan sebagian besar penempatan klinik, Lancashire Care Foundation NHS Trust (LCFT), dan  Lancashire Teaching Hospitals Foundation NHS Trust (LTHT), pihak yang akan menyediakan kebutuhan lainnya.  Penempatan perawatan primer akan disediakan dalam Praktik Kedokteran Umum dan pengaturan masyarakat yang melayani kebutuhan perawatan kesehatan di sepenjuru Lancashire Timur.     

Dekan Sekolah Kedokteran dan Kedokteran Gigi UCLan, Profesor StJohn Crean, mengatakan: "UCLan telah lama memiliki misi mengembangkan sebuah program sarjana kedokteran, yang dibangun diatas kesuksesan dan reputasi program sarjana dan pascasarjana Kedokteran Gigi dan Kedokteran Umum. Universitas ini memilii rekam jejak impresif dalam pengembangan pendidikan yang inovatif, seperti program sarjana kedokteran gigi yang diluncurkan pada tahun 2007, yang kini telah menelurkan hampir 100 dokter gigi baru yang terdaftar dalam Dewan Dokter Gigi Umum. Pengembangan Program tersebut telah kompatibel dengan persyaratan Dewan Kedokteran Gigi Umum (GDC), dan demikian juga dengan program MB BS yang telah sesuai dengan proses jaminan kualitas GMC."

"Para mahasiswa akan mendapatkan kualitas pengajaran teratas di fasilitas-fasilitas perkuliahan modern, dan mereka akan ditempatkan di area-area dengan populasi yang memiliki tingkat kesehatan dibawah rata-rata. Seluruh hal tersebut tentunya akan memperluas cakupan pendidikan dan riset medis di seluruh wilayah."

Dia menambahkan: "Riset pasar kami menunjukan bahwa terdapat tingginya permintaan dari mahasiswa luar negeri untuk belajar kedokteran di universitas di Inggris, dan metode perkuliahan yang kami tawarkan akan dapat memenuhi permintaan tersebut. Untuk harga, kami mematok harga yang sama dengan Sekolah-Sekolah Kedokteran di Inggris yaitu 35.000 pound per tahun, dimana dengan biaya tersebut, mahasiswa akan dapat menikmati keunggulan akademik, efisiensi perkuliahan di ruang perkuliahan yang kecil, kontak pasien yang lebih dini, fasilitas perkuliahan kualitas wahid, dan tentunya pelatihan klinis praktik yang berkualitas tinggi."

Dr. Damien Lynch, Direktur Pendidikan Sarjana East Lancashire Hospitals NHS Trust, berkata: "Kami sangat senang dapat bermitra dengan UCLan di dalam kerjasama ini. PEndidikan medis memiliki peran vital bagi kesehatan masyarakat di wilayah Pennine Lancashire. ELHT memiliki rekam jejak yang tak perlu diragukan lagi di dalam memberikan pelatihan medis kesarjanaan berkualitas tinggi. Kami memiliki kapasitas pelatihan yang sangat signifikan di wilayah ini dan kami menantikan untuk menyambut mahasiswa-mahasiswa gelombang pertama."

Dr. Jim Gardner, Direktur Medis Tim Area Lancashire NHS England, mengungkapkan: "Pembangunan sekolah medis independen yang berpusat di Preston, Blackburn, dan Burnley merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat Lancashire. Kami harap dengan keberadaan sekolah medis ini dapat mendorong peningkatan inovasi, investasi, dan kualitas perawatan kesehatan di wiayah ini. Kini, kami punya faktor pendukung pembangunan sekolah medis di Lancashire, dan kenyataanya, wilayah ini membutuhkan prakarsa-prakarsa semacam ini untuk melatih, merekrut, dan menjaga tenaga kerja di masa depan."

"Mengembangkan sebuah sekolah kedokteran bukan sekedar melatih para dokter masa depan. Tapi juga merangkul segala lini perawat kesehatan dan mengembangkannya secara bersma-sama dan mendukung dan meningkatkan keahlian para dokter yang sudah ada."

Catatan untuk editor

University of Central Lancashire (UCLan) telah membangun reputasi sebagai lembaga yang inovatif, sehingga mampu mengambangkan portofolio yang mencakup lebih dari 500 program sarjana dan 180 pascasarjana. Universitas ini memiliki reputasi penelitian yang handal dan kompeten dalam bidang Bisnis, Kesehatan, Humaniora, dan Ilmu pengetahuan. Dalam Pelatihan Pengkajian Riset baru-baru ini, 17 bidang studi yang diajukan mendapat penilaian sebagai penelitian internasional unggul, sementara 11 bidang lainnya masih dalam tahap pengkajian untuk menjadi bidang studi terkemuka di dunia. Pada tahun 2012, UCLan dianugerahi empat bintang di QS Stars Development Road Map, sebuah ajang penghargaan yang mengapresiasikan keunggulan Universitas dalam penelitian dan pengajaran internasional. UCLan memiliki sekitar 35.000 mahasiswa dan secara tidak langsung memberikan kontribusi hampir  300 juta pound bagi perekonomian daerah setiap tahunnya. Selama lima tahun terakhir, UCLan telah menginvestasikan lebih dari 100 juta pound untuk pengembangan bangunan dan fasilitas perkuliahan baru demi mendukung kegiatan pengajaran, pembelajaran, dan rekreasi.

East Lancashire Hospitals NHS Trust (ELHT) menyediakan berbagai layanan seperti panti jompo dan rumah sakit yang didedikasikan bagi 529.000 penduduk Lancashire Timur dan Blackburn, serta Darwen. Kami juga menawarkan jasa dokter spesialis, yang mencakup; Level 3 Perawatan Neonatal Intensif tignkat 3, operasi Hepatobiliar, layanan perawatan kanker di bagian Kepala, Leher dan Urologi. Kami juga mengembangkan pusat layanan kardiologi.

Setelah pemindahan layanan masyarakat ke Trust pada April 2011, kami sekarang juga meningkatkan jumlah perawatan, dan bila diperlukan, kami akan melayani perawatan di  rumah pasien.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Email: cenquiries@uclan.ac.uk
Tel: +44(0)1772-892400

Sumber: University of Central Lancashire

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013