-- 14 LAGU BARU - 17 VIDEO
-- ALBUM VISUAL
-- TELAH TERSEDIA DI iTUNES STORE

NEW YORK, 13 Desember 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Parkwood Entertainment/Columbia Records -- Album solo kelima dari Beyoncé kini telah tersedia secara ekslusif di iTunes Store (www.iTunes.com/beyonce).  Album self-titled ini adalah album visual pertama Beyoncé. BEYONCÉ diisi oleh 14 lagu baru dan 17 video dengan lokasi syuting tersebar di seluruh dunia, dari Houston, New York, Paris, Sydney hingga ke Rio de Janeiro.

"Karena musik," ungkap Beyoncé saat ditanya mengenai alasannya membuat album visual. "Karena saat saya menikmati musik, apa yang saya dapat lebih dari sekedar apa yang saya dengar. Ketika saya terhubung dengan sesuatu, saya langsung melihat banyak gambaran yang terjalin dengan perasaan dan emosi, bagaikan memori dari masa kecil saya, pemikiran tentang kehidupan, mimpim dan fantasi-fantasi saya. Dan semua itu terhubung dengan musik."

Perilisan album dengan konten audio dan visual ke seluruh penjuru dunia ini merupakan langkah strategis yang tak bisa diprediksi sebelumnya oleh industri musik dunia, tanpa terkecuali. Langkah pemasaran yang unik ini memungkinkan penggemar Beyoncé untuk menjadi yang pertama mendengar, melihat, terlibat, dan membentuk opini mereka. Di zaman media sosial dan dahaga publik yang tak pernah terpuaskan akan komunikasi langsung, kemunculan album ini merupakan sebuah jawaban terhadap pertanyaan yang terus menerus ditanyakan, kapan album Beyoncé yang terbaru keluar?

"Saya tidak mau merilis album saya dengan cara yang biasa," ujarnya. "Saya sudah bosan dengan cara seperti itu. Kini, saya merasa saya bisa langsung berkomunikasi dengan para penggemar saya karena sangat berarti bagi saya untuk mengisi celah antara musik, artis, dan penggemar. Saya tidak mau seorangpun memberi sinyal album ini akan segera keluar. Saya hanya ingin album ini dirilis saat album ini siap dirilis, langsung dari saya ke penggemar saya."

Perilisan ini benar-benar bebas dari gimmick, gosip-gosip, kampanye pemasaran dan semacamnya, sehingga menjadikan perilisan album ini seni yang murni.    

Kini, BEYONCÉ telah tersedia di seluruh dunia dan secara ekslusif tersedia di iTunes Store (www.itunes.com/beyonce).

Bagi seorang seniman yang rentan akan kebocoran berita, perilisan album ini merupakan sebuah strategi preventif yang disusun dengan sempurna. Album yang diisi oleh 14 lagu dan 17 video ini dijual dalam satu set.

Mengingat album ini bukanlah album konsep, album ini dirancang untuk menjadi sebuah karya seni komprehensif yang diisi oleh audio dan visual. Tidak seperti album-album seniman lain yang biasanya merilis single terlebih dahulu, album visual ini merupakan perjalanan nonlinear dari pemikiran dan visi Beyoncé.

Proses produksi album fisik telah dimulai hari ini dan album yang berisi double disc CD/DVD akan segera tersedia pada musim liburan Natal.

Facebook secara ekslusif menyiarkan penayangan perdana Part One album ini, sebuah dokumentasi mini yang menampilkan cuplikan album ini. Tayangan menghadirkan adegan-adegan dimana menggambarkan pemikiran konseptual dan visi artistiknya di dalam pembuatan BEYONCÉ. Denga memanfaatkan lanskap digital yang terus berkembang, dia mengintegrasikan pengalaman yang inovatif, menghanyutkan, dan multiplatform ke dalam album visual perdananya, sehingga merubah sepenuhnya cara penggemarnya menikmati musik.    

Tidak pernah puas terhadap berbagai pencapaiannya di masa lalu, Beyoncé adalah seorang seniman inovatif yang haus akan tantangan. Proses kreatif pembuatan album ini menginjeksikan energi baru ke dalam diri Beyoncé dan memberinya kemampuan untuk mengubah cara penggemarnya menikmati musik. Dia adalah seniman yang membuat musik dengan tanpa aturan, mendobrak segala batasan, dan menciptakan musik dalam kerangka yang utuh.

Dalam album ini, Beyoncé tidak hanya menjadi penyanyi, ia pun merangkap sebagai penulis lagu, produser, dan bahkan sutradara video klip. Dia bekerjasama dengan sejumlah seniman, penulis lagu, produser, dan sutradara klip jenius seperti JAY Z, Timbaland, Justin Timberlake, Pharrell Williams, Drake, The Dream, Sia, Ryan Tedder, Miguel, Frank Ocean, Hit Boy, Ammo, Boots, Detail, Jake Nava, Hype Williams, Terry Richardson, Melina Matsoukas, Jonas Akerlund,  Ricky Saiz, Pierre Debusschere, @lilinternet, Noah "40" Shebib, Francesco Carrozzini, Caroline  Polachek, Ed Burke, Bill Kirstein, dan Todd Tourso.   

Pembuatan album yang melewati proses syuting di berbagai belahan dunia ini memakan waktu hingga satu setengah tahun. Namun, proses rekaman perdananya baru dimulai ketika seluruh penulis lagu dan produser berkumpul bersama di The Hamptons, yang terletak di bibir pantai New York pada musim panas 2012. Disana, mereka bekerjasama untuk dapat bersatu dengan imajinasi, pemikiran, dan semangat Beyoncé. 

Para penggemar yang tumbuh bersama karya-karya Beyoncé, akan langsung dapat merasakan perasaan yang ditimbulkan oleh karya-karya Beyoncé di album terbarunya, dengan tema-tema yang meliputi cinta, kehilangan, kemarahan, ketakutan, kejujuran, kebahagiaan, seksualitas, dan kepercayaan diri.

Untuk sejumlah video klip yang sutradarai, dia memilih untuk menuangkan segala visi dan imajinasinya tanpa adanya batasan dan aturan. Syuting perdana dilakukan di tur dunianya yang bertajuk "Mrs. Carter Show World Tour".  
Meskipun syuting video klipnya di tempat terbuka, seperti di sebuah pantai di Brazil, jalanan New York City, dan Cyclone Rollercoaster di Coney Island, New York, pusat kota Los Angeles, sebuah kastil di Paris, arena roller skate di Houston, Texas, dan sebuah gereja tua yang indah di Amerika Selatan, Beyoncé dan tim syuting berhasil menjaga kerahasiaan pembuatan video klip. Dia memadukan kreativitas, kejujuran, dan spontanitas dalam segala adegan di video klipnya. Seluruh klip diambil dengan tingkat sinematografi yang visioner dan mampu mengirimkan dengan baik pesan yang tersimpan. Setiap sisi Beyoncé, yang lengkap dengan kerapuhan dan ketidaksempurnaan, dapat tertangkap secara sempurna dalam seluruh video klipnya.

BEYONCÉ adalah sebuah wadah interaksi audio dan visual yang sangat eksplosif bagi penggemar musik. "Saya hanya ingin mempersembahkan album ini kepada orang-orang yang saya sayangi, dan saya berharap mereka dapat merasakan apa yang saya rasakan waktu saya membuat musik," tutup Beyoncé.

DAFTAR LAGU dalam album BEYONCÉ:
Pretty Hurts
Haunted
Drunk in Love (Featuring JAY Z)
Blow/Cherry
No Angel
Yoncé/Partition
Jealous
Rocket
Mine (Featuring Drake)
XO
***Flawless (Featuring/ Chimamanda Ngozi Adichie)
Superpower (Featuring Frank Ocean)
Heaven Blue (Featuring Blue Ivy)   

DAFTAR VIDEO KLIP:
Pretty Hurts
sutradara Melina Matsoukas

Ghost
sutradara Pierre Debusschere

Haunted
sutradara Jonas Akerlund

Drunk in Love
sutradara Hype Williams

Blow
sutradara Hype Williams

No Angel
sutradara @lilinternet

Yoncé
sutradara Ricky Saiz

Partition
sutradara Jake Nava

Jealous
sutradara Beyoncé, Francesco Carrozzini & Todd  
Tourso

Rocket
sutradara Beyoncé, Ed Burke & Bill Kirstein

Mine
sutradara Pierre Debusschere

XO
sutradara Terry Richardson

***Flawless
sutradara Jake Nava

Superpower
sutradara Jonas Akerlund

Heaven
sutradara Beyoncé & Todd Tourso

Blue
sutradara Beyoncé, Ed Burke & Bill Kirstein

**VIDEO BONUS – Grown Woman
sutradara Jake Nava

www.beyonce.com
 
 

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013