Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah rekor tercipta selama pekan ke-10 Indonesian Basketball League (IBL) 2024, mulai dari klub dan juga pemain menorehkan catatan-catatan gemilang di kompetisi kasta tertinggi liga bola basket Tanah Air.
 
Dalam laman IBL yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, rekor pertama dipecahkan oleh Dewa United Banten yang tampil ciamik dari awal musim.
 
Hingga pekan ke-10, klub tersebut menyapu bersih pertandingan dengan catatan 12 kemenangan beruntun tanpa kalah sejak mengawali musim pada Januari lalu.
 
Hasil tanpa cela diperoleh, usai tim asuhan Pablo Favarel menang 92-57 versus Satya Wacana Salatiga, di Knight Stadium Semarang, Jawa Tengah, pada akhir pekan lalu.
 
Jumlah kemenangan beruntun itu menjadi rekor baru di IBL, setelah musim sebelumnya diraih Satria Muda Pertamina Jakarta dengan 11 kemenangan beruntun.
 
Rekor itu masih berpotensi ditambah oleh klub kebanggaan warga Banten tersebut pada pekan ke-11 yang mulai bergulir pada 10 hingga 12 Mei nanti.

 
 
Kemudian, rekor selanjutnya masih di level klub. Kali ini Kesatria Bengawan Solo juga menorehkan catatan indah, dengan meraih 11 kemenangan beruntun dalam 12 kali pertandingan.
 
Catatan menang 11 kali berturut-turut itu, belum pernah dialami oleh siapa pun di tim Kesatria, terutama para pemain lokal. Ditambah lagi, pencapaian tersebut menjadi rekor terbaik yang diraih Kepala Pelatih Efri Meldi sepanjang karir kepelatihan.
 
Di pekan ke-11 nanti, Kesatria dijadwalkan bertandang ke markas Rajawali Medan di Kota Medan, Sumatera Utara.
 
Lalu, untuk di tingkatan pemain. Rekor pribadi berhasil dibukukan pemain Borneo Hornbills, yaitu Michael Rashad Qualls dengan mencetak 45 poin dalam satu pertandingan IBL.
 
Rekor itu tercipta, saat Borneo melibas Rans Simba Bogor dengan skor 95-98.
 
Pemain setinggi 1,96 meter itu tampil selama 30 menit 39 detik dengan mencetak 16 tembakan dari 25 percobaan, termasuk empat kali tembakan tiga angka.
 
Qualls yang berumur 30 tahun itu mencetak 25 poin di babak kedua dan membawa klubnya membalikkan keadaan saat melawan Rans.
 
Catatan itu dipermanis dengan enam rebound, empat assist, dua steal, dan satu block. Dia juga mendominasi catatan poin klub pada kuarter keempat, dengan mencetak 19 poin dari total 30 poin di kuarter itu.
 
Selain itu, rekor Qualls juga mengalahkan catatan 42 poin yang dibukukan oleh pemain Dewa United Banten, Lester Prosper, pada April lalu.
 
Meski begitu, catatan manis tersebut belum mampu mengalahkan pemegang rekor poin terbanyak dalam satu pertandingan IBL yang ditorehkan oleh Gary Jacobs Jr dengan 61 poin pada 2017.
 
Pekan ke-11 IBL Tokopedia 2024 dimulai pada 10 hingga 12 Mei. Pada pekan tersebut, ada 10 pertandingan yang akan dilakoni oleh 20 klub.
 
Sementara, sejumlah tim seperti Dewa United Banten, Pelita Jaya Jakarta, dan Kesatria Bengawan Solo, sudah mulai mengamankan posisi di klasemen, guna masuk ke zona play-off IBL 2024.

Baca juga: Hangtuah curi kemenangan di Surabaya
Baca juga: Michael Qualls cetak rekor IBL, Borneo kalahkan RANS 95-88

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024