Besok adalah partai final dan merupakan perjuangan terakhir di SEA Games Myanmar. Anak-anak harus bisa tampil allout. Kami tetap optimistis bisa memenuhi target,"
Naypyitaw (ANTARA News) - Indonesia memastikan satu emas di nomor ganda putra SEA Games 2013 Myanmar setelah di partai puncak terjadi all Indonesia final antara Angga Pratama/Rian Agung melawan Berry Angriawan/Suwardi Karanda.

Sesuai dengan jadwal pertandingan, sesama Indonesia serta empat nomor lain akan berlangsung di Wunna Theikdhi Indoor Stadium, Naypyitaw, Myanmar, Sabtu (14/12).

"Kami jelas senang bisa memastikan satu emas untuk Indonesia. Yang jelas saya akan memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti meski kami pasangan baru," kata salah satu pemain ganda, Berry Angriawan.

Keinginan untuk menjadi yang terbaik bagi Berry Angriawan/Suwardi Karanda jelas akan mendapatkan halangan dari unggulan pertama yang juga rekan satu negara Angga Pratama/Rian Agung.

"Melawan teman sendiri jelas kami sudah tahu kelebihan dan kekurangan mereka. Meski melawan teman sendiri kami akan tampil maksimal," kata Angga Pratama.

Secara fisik, pasangan Angga Pratama/Rian Agung lebih diuntungkan karena langsung bermain di semifinal. Hasil ini didapat setelah di perempatfinal menang WO.

Selain ganda putra, Indonesia juga mengirimkan wakilnya di semua nomor yang dipertandingkan di final. Untuk tunggal putra, Dionysius Hayom Rumbaka ditantang atlet asal Thailand Tanongsak Saensomboonsuk.

Begitu juga dengan tunggal putri. Bellaetrix Manuputty juga akan berhadapan dengan atlet asal Thailand Busanan Ongbumrungpan.

Untuk ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto ditunggu pasangan nonunggulan, Maneepong Jongjit/Sapsiree Taerattanachai. Sedangkan ganda putri menempatkan pasangan Nitya Krishinda/Greysia Polii.

Dengan menempatkan semua wakil di final, Indonesia berpeluang besar menyapu bersih semua nomor yang dipertandingkan. Hanya saja untuk meraihnya membutuhkan kerja keras.

"Besok adalah partai final dan merupakan perjuangan terakhir di SEA Games Myanmar. Anak-anak harus bisa tampil allout. Kami tetap optimistis bisa memenuhi target," kata manajer bulutangkis Indonesia, Ricky Soebagdja.

Pada SEA Games 2013 Myanmar, tim bulutangkis Indonesia menargetkan tiga medali emas yaitu nomor ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran. Nomor tunggal putra dan tunggal putri masing-masing ditargetkan untuk mendapat perak. 

(B016/I007)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013