Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) menekankan akan pentingnya budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kerja dengan menggelar Inspection Day K3 secara serentak di seluruh Indonesia sebagai upaya dan komitmen menjaga zero accident dan zero fatality.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto dalam keterangan di Surabaya, Rabu, menyebutkan apel serentak ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap semua insan tentang budaya K3 di lingkungan kerja.

Baca juga: PLN gelar "Inspection Day" serentak di Indonesia

“Pada Inspection Day agar masing-masing unit melakukan pengecekan secara seksama terhadap kesiapan manajemen dan mitra kerja dalam implementasi budaya K3," katanya.

Adi mencontohkan dengan keberadaan pengawas, kompetensi petugas, selanjutnya lakukan pengecekan dan pembaharuan SOP, instruksi kerja, job safety analisis (JSA) harus dilakukan untuk setiap pekerjaan, alat pelindung diri (APD) dan simulasi pekerjaan dengan budaya tunjuk sebut untuk menjadi pembelajaran.

Lebih lanjut, ia mengatakan Inspection Day akan dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali, meskipun demikian, budaya K3 harus dilakukan setiap saat agar pekerjaan ketenagalistrikan terlaksana dengan benar dan selamat.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Agus Kuswardoyo mengatakan di wilayah setempat kegiatan tersebut diikuti 17 unit pelaksana dan 112 unit layanan pelanggan.

Agus mengatakan inspeksi yang diadakan rutin diharapkan mampu mencegah kecelakaan kerja fatality maupun kecelakaan instalasi.

Pesan keselamatan yang digaungkan setiap hari, baik di level unit induk hingga unit layanan pelanggan diharapkan dapat menjadi resonansi dan pengingat pentingnya keselamatan kerja.

Baca juga: Peringati bulan K3, PLN EPI tegaskan keselamatan kerja harga mati

Baca juga: PLN terus tingkatkan K3 dalam operasional layanan kelistrikan


"Agar setiap pekerjaan dipastikan betul SOP dan K3-nya. Komitmen untuk melakukan manajemen safety walkdown agar memotivasi seluruh pegawai hingga mitra kerja dalam melaksanakan pekerjaan sesuai SOP," ujar Agus.

Saat ini PLN UID Jawa Timur mengelola 13.823.475 pelanggan, rangkaian upaya ini merupakan wujud komitmen PLN untuk menghadirkan pasokan listrik yang andal kepada seluruh masyarakat di Jawa Timur.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024