Itu sangat bagus untuk menguji keandalan produk,
Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyatakan keberadaan Indonesia Digital Test House (IDTH) yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa (7/5) memiliki manfaat bagi pelaku UMKM yang bergerak di bidang teknologi.

"Itu sangat bagus untuk menguji keandalan produk," ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil  Menengah (Diskop UKM) Sumut Naslindo Sirait di Medan, Rabu.

Oleh sebab itu, Naslindo meminta pelaku UMKM terkait untuk melihat potensi IDTH yang berlokasi Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) tersebut.

Baca juga: Menkominfo sebut IDTH miliki peranan penting untuk ekosistem digitaBaca juga: DKI berikan pelatihan teknik digitalisasi kepada pelaku UMKM Menurut dia, IDTH juga bisa menjadi sarana untuk mempercepat proses digitalisasi secara nasional yang akan sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas UMKM.

"Saat ini, sebagian besar UMKM itu belum tersentuh digitalisasi, masih konvensional," kata Naslindo.

Dia melanjutkan, infrastruktur digital memang perlu untuk peningkatan kualitas UMKM tetapi  idealnya diikuti pengetahuan dan keterampilan digital dari pelakunya.

Dengan berjalannya hal itu secara beriringan, Naslindo menilai ekosistem digital dapat terwujud.

"Kemudian, saya menyarankan, kalau bisa fasilitas seperti IDTH dapat dibangun di lokasi lain di Indonesia terutama di kota besar seperti Medan, Jakarta, atau Surabaya," tutur dia.

l Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan IDTH sebagai pusat pengujian perangkat digital dan telekomunikasi yang terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, Selasa (7/5).

Presiden mengatakan seluruh ruangan dan fasilitas IDTH dilengkapi dengan perangkat yang sangat modern. Presiden juga menyebutkan anggaran untuk membangun IDTH menghabiskan Rp980 miliar.

Baca juga: Intip alat uji SAR pertama di IDTH untuk cek keamanan gawai bagi tubuh

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bisa melakukan pengujian perangkat dan pengembangan inovasi di IDTH secara gratis.

Budi Arie mengatakan bahwa pelaku UMKM yang memiliki perangkat telekomunikasi maupun inovasi baru bisa mengajukan permohonan ke IDTH.

"Jadi, pokoknya untuk yang dalam negeri, misalnya kamu menemukan alat ini, ini kalau perlu biaya lagi, kan, memberatkan. Nah ini kita gratiskan pokoknya," kata dia.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024