Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics Co. mengatakan bahwa unit peralatan medisnya yaitu Samsung Medison Co. telah mengakuisisi startup teknologi medis (medtech) kecerdasan buatan (AI) asal Prancis, Sonio.

Dikutip dari Yonhap, Rabu (8/5), akuisisi tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya Samsung Medison untuk memperluas bisnis solusi perawatan kesehatan bertenaga AI.

Baca juga: Samsung bakal andalkan GPU besutannya di Exynos 2600

Samsung Medison menandatangani perjanjian pembelian saham untuk mengakuisisi Sonio, yang berspesialisasi dalam pengembangan AI untuk pelaporan diagnostik di bidang USG kebidanan dan ginekologi, menurut Samsung Electronics.

Melalui akuisisi Sonio, Samsung Medison akan mendapatkan akses ke talenta pengembangan AI di Eropa dan akan meningkatkan solusi AI medisnya dengan asisten diagnostik AI dan teknologi pelaporan Sonio.

Baca juga: Samsung Electronics kembangkan DRAM LPDDR5X pertama di industri

Didirikan pada tahun 2020, startup yang berbasis di Paris ini telah mengembangkan solusi pemeriksaan prenatal bertenaga AI yang mengotomatiskan pelaporan USG.

Produk utama Sonio, Sonio Detect, merupakan perangkat lunak bertenaga AI yang dirancang untuk mengidentifikasi sindrom dan kelainan prenatal melalui USG, dan telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) pada 2023.

Baca juga: Samsung jadi merek peralatan rumah tangga terpopuler di AS pada 2023

Baca juga: Samsung diperintahkan ambil langkah korektif atas praktik tidak adil

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024