Dengan berat hati kami sampai pada keputusan untuk membebaskan Steve dari tugas-tugasnya setelah melakukan pertimbangan yang sangat mendalam,"
London (ANTARA News) - Steve Clarke dipecat sebagai pelatih West Brom pada Sabtu, hanya beberapa jam setelah timnya kalah 0-1 di markas Cardiff.

Hasil pertandingan itu, merupakan kekalahan beruntun keempat mereka di Liga Utama Inggris, membuat "The Baggies" terpaut dua angka dari zona degradasi.

"Dengan berat hati kami sampai pada keputusan untuk membebaskan Steve dari tugas-tugasnya setelah melakukan pertimbangan yang sangat mendalam," kata direktur teknik West Brom Richard Garlick, seperti dikutip AFP.

"Telah terdokumentasi dengan baik bahwa kami tidak berkilau di lapangan dalam beberapa pertandingan musim ini, namun itu tidak menutupi poin-poin umum mengecewakan sepanjang kalender tahun ini, yang dipuncaki oleh kekalahan beruntun keempat di Cardiff."

Clarke (50), mantan asisten pelatih di Chelsea dan Liverpool, mengambil alih West Brom pada Juni 2012.

West Brom hanya meraih tujuh kemenangan dari 34 pertandingan Liga Utama Inggris sepanjang tahun kalender.

Kepala asisten pelatih bersama Keith Downing akan mengurusi tim pertama sampai penunjukan pelatih baru dilakukan, kata klub dalam pernyataannya.

"Rekam jejak klub ini membuktikan bahwa kami tidak mengambil keputusan-keputusan tersebut dengan mudah, setelah hanya mendesak perubahan di posisi ini sebanyak tiga kali dari sekitar 14 tahun," tambah Garlick.

"Namun dengan pertandingan-pertandingan kunci yang datang dengan cepat dan berat, kami merasa penting bagi kami untuk bertindak sekarang untuk memberi klub peluang terbaik mendapatkan hasil sukses musim ini."

"Tagihan gaji pemain kami merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah klub dan kami merasa kami telah membangun tim yang mampu sangat kompetitif di Liga Utama Inggris."

"Kami sekarang mulai mencari untuk menemukan pelatih kepala yang baru yang akan bekerja dengan struktur kami yang sudah ada, yang telah bekerja selama enam tahun."

Tim Clarke kalah pada pertandingan pembuka musim ketika takluk 0-1 dari Southampton di Hawthorns.

Namun di bawah asuhannya, West Brom menang 2-1 atas juara bertahan Manchester United, kemenangan perdana mereka di Old Trafford selama 35 tahun.

Clarke menjadi pelatih pelatih Liga Utama Inggris keempat yang kehilangan pekerjaannya musim ini.

Paolo Di Canio menjadi yang pertama saat ia dipecat Sunderland, diikuti oleh Ian Holloway di Crystal Palace, dan Martin Jol di Fulham.

(Uu.H-RF/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013