Kami sudah memiliki perencanaan untuk pembangunan pelabuhan baru di Belinyu,
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pelabuhan baru di Belinyu, Kabupaten Bangka, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah itu.

"Kami sudah memiliki perencanaan untuk pembangunan pelabuhan baru di Belinyu," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan pelabuhan baru di Belinyu  ini merupakan program pembangunan Pemprov Kepulauan Babel jangka menengah, sebagai langkah mempercepat pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Pulau Bangka ini.

"Untuk membangun pelabuhan baru ini tentunya membutuhkan finansial kuat dan perencanaan yang bagus, agar berjalan dengan lancar," katanya.

Baca juga: Menhub: Pembangunan Dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi kurangi beban Bali

Menurut dia saat perencanaan pembangunan pelabuhan baru ini sudah ada dan alternatifnya ada di Belinyu dan Pemprov Kepulauan Babel terus mendorong agar pelabuhan baru ini bisa terealisasi dengan baik.

"Kita perlu dorong lagi, baik dari perencanaan maupun anggaran pembangunan pelabuhan baru ini," katanya.

Baca juga: Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar siap jadi hub logistik internasional

Ia menambahkan Pelabuhan Belinyu berada di Kecamatan Belinyu, kurang lebih 60 kilometer sebelah utara Kota Sungailiat. Letak geografis pelabuhan Belinyu cukup strategis yang menghubungkan gerbang utama Pulau Belitung, maupun langsung ke sejumlah negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

"Dengan ada pelabuhan ekspor impor akan memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi kerakyatan seperti usaha mikro kecil dan menengah di kawasan pelabuhan tersebut," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024