Jakarta (ANTARA) - Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) secara resmi dibuka pada Jumat dan akan berlangsung hingga 12 Mei 2024 di Jakarta International Expo, Kemayoran sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan industri waralaba dan lisensi.

FLEI edisi ke-22 ini mengusung tema “Connecting Business”, yang bertujuan untuk memperkuat jaringan bisnis dan menciptakan peluang baru di tengah dinamika pasar yang terus berubah, demikian siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Presiden Direktur Panorama Media selaku penyelenggara, Royanto Handaya, saat pembukaan mengatakan bahwa pameran ini menjadi wadah penting bagi para pelaku bisnis untuk menemukan peluang bisnis, menjalin kerja sama, dan memperluas jaringan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Isy Karim menambahkan bahwa industri waralaba di Indonesia bertumbuh pesat dan kian populer.

Menurut dia, respons positif masyarakat terhadap industri waralaba juga terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

“Kami berkomitmen untuk mengoptimalkan regulasi STPW (surat tanda pendaftaran waralaba) agar lebih mendukung, memastikan bahwa industri waralaba tidak hanya berkembang, tetapi juga menjadi lebih inovatif dan kompetitif di kancah global," katanya.

Ia mengatakan kebijakan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antar sektor dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, menciptakan peluang bagi UKM untuk naik kelas dan berkembangnya industri waralaba di Indonesia

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan KADIN, Juan Permata Adoe, menekankan pentingnya iklim ekonomi yang mendukung usaha guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan standar operasional, sehingga mendorong industri waralaba Indonesia ke arah yang lebih profesional dan terstandardisasi.

Pameran FLEI menghadirkan merek waralaba dari berbagai industri. Pameran ini bertujuan membantu para profesional yang ingin memperluas jaringan bisnis, memahami tren terkini, serta mengeksplorasi berbagai skema kemitraan mulai dari waralaba hingga kolaborasi strategis.

Selain pameran, expo ini juga menghadirkan serangkaian konferensi bisnis, di mana para peserta berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para ahli di bidang manajemen, keuangan, pemasaran, dan operasional.

Baca juga: Kemendag sebut pelaku usaha waralaba wajib miliki surat STPW
Baca juga: "Fitness Franchise" Terbesar di Dunia Anytime Fitness Merayakan Pencapaian Penting dengan Membuka Klub Ke-25 di Indonesi
Baca juga: Eye Level Indonesia Hadir di FLEI Expo 2023 untuk Memperkenalkan Franchise Pendidikan Global di Indonesia

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024