Kendari (ANTARA) - ​​​​​​Bupati Konawe Utara Ruksamin menerjang banjir agar bisa menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana alam itu di Kecamatan Asera, Andowia dan Kecamatan Oheo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bupati Ruksamin saat ditemui di Konawe Utara, Jumat, mengatakan bahwa pemberian bantuan terhadap warga yang terdampak banjir itu merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada seluruh masyarakat yang saat ini tengah dilanda musibah.

“Alhamdulillah, ratusan bantuan sembako untuk warga yang terdampak banjir telah kami salurkan di Kecamatan Asera, Andowia dan Kecamatan Oheo,” kata Ruksamin usai menyalurkan bantuan dari pintu ke pintu rumah warga terdampak banjir.

Baca juga: Bupati keluarkan status darurat bencana banjir di Konawe Utara

Ia menyebutkan bantuan yang diberikan tersebut berupa bahan pokok yang bisa membantu untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir.

"Bencana alam tak ada yang meminta. Musibah banjir ini mesti disikapi dengan solutif oleh semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun stakeholder lainnya agar bahu-membahu, sehingga masalah ini tertangani dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Labungga, Kecamatan Andowia Ipul mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara yang telah menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir.

Baca juga: Bupati: Enam kecamatan di Konawe Utara terendam banjir

“Dengan bantuan Pak Bupati Ruksamin, kami sangat terbantu. Mudah-mudahan masalah banjir  ini segera ada solusi tuntas sehingga tidak terjadi lagi masalah serupa di kemudian hari,” ucap Ipul.
Bupati Konawei Utara Ruksamin (rompi oranye BPBD) saat menerjang banjir untuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat. (ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra)



Bupati Konawe Utara Ruksamin yang menggunakan rompi BPBD bersama Wakil Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konawe Utara menerjang banjir yang menggenangi rumah warga untuk memberikan mereka bantuan bahan pokok.

Sebelumnya, Bupati Konawe Utara Ruksamin secara resmi mengeluarkan status darurat bencana banjir di Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ruksamin saat ditemui di Konawe Utara, Jumat, mengatakan bahwa status darurat bencana banjir tersebut telah ditetapkan sejak Kamis (9/5) lalu, setelah enam kecamatan yang meliputi 28 desa di Kabupaten Konawe Utara terdampak bencana banjir.

Baca juga: BMKG: Potensi banjir bandang terjadi di Konawe, Konut hingga Kolut

"Enam kecematan itu yakni Kecamatan Wiwirano, Langgikima, Landawe, Ohoe, Asera, dan Andowia," kata Ruksamin.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024