Jakarta (ANTARA) - Pelatih Eddie Howe menegaskan Newcastle akan kesulitan menembus kompetisi Eropa apabila mereka melepas Alexander Isak dan Bruno Guimaraes pada akhir musim ini.

Untuk itu, Howe ingin mempertahankan Isak dan Guimaraes kendati hal itu sulit dilakukan karena dua pemain bintang itu diminati klub yang lebih mapan.

Gelandang Brazil Guimaraes menjadi incaran Paris Saint-Germain dan Real Madrid, sedangkan striker Swedia Alexander Isak telah dibidik oleh dua klub London, Arsenal dan Tottenham.

Isak yang masuk nominasi Pemain Terbaik Liga Premier Inggris dengan torehan 24 gol di semua kompetisi pada musim ini juga menjadi incaran Barcelona dan Liverpool.

"Saya yakin, saya mau mereka tetap di sini. Semua rencana saya ada pada mereka untuk skuad kami," kata Eddie Howe sebagaimana diwartakan AFP pada Sabtu.

Baca juga: Newcastle naik ke peringkat enam setelah hajar Burnley 4-1
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool gagal kejar Arsenal, MU jauhi Newcastle


Namun keinginan Eddie Howe tampaknya tidak sejalan dengan rencana klub yang mau melepas dua pemain bintang itu jika ada klub yang menawar dengan harga tinggi.

Sebelumnya, Guimaraes didatangkan senilai 35 juta euro dari Lyon, sedangkan Isak ditebus 63 juta euro dari Real Sociedad.

Pimpinan eksekutif Newcastle, Darren Eales menegaskan bahwa secara bisnis klub harus melepas pemain bintang dengan harga yang layak untuk menjaga skala profitabilitas.

Sebaliknya, Howe memperingatkan bahwa ambisi klub untuk mencapai kompetisi Eropa akan sulit tercapai jika mereka melepas pemain bintang.

“Kami membangun skuad dan tim yang sukses. Untuk melakukan itu, kami tidak ingin menjual pemain terbaik,” kata Howe.

"Mereka sangat penting bagi kami. Penjualan akan membuat kami terpuruk karena kami harus memulai dari awal lagi," tutup mantan pelatih Bournemouth itu.

Baca juga: Newcastle belum menyerah mengejar zona Liga Europa
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024